Jumat, 11 Mar 2022 18:30 WIB

5 Obat Sakit Kepala Alami Redakan Nyeri Gejala Omicron

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Ilustrasi seorang wanita yang mengalami sakit kepala 5 obat sakit kepala untuk meredakan nyeri gejala Omicron. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Obat sakit kepala dapat menggunakan bahan-bahan alami yang menawarkan manfaat bagi tubuh. Sebelumnya, sakit kepala adalah kondisi yang dihadapi banyak orang setiap hari. Kondisi ini sangat tidak nyaman dan bisa tak tertahankan, sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Ada beberapa jenis sakit kepala, seperti sakit kepala tegang menjadi yang paling banyak dirasakan orang. Kemudian, sakit kepala cluster yang menyerang secara berulang dan dapat terjadi setiap hari, atau migrain yang merupakan jenis sakit kepala dengan gejala sedang hingga berat.

Menurut dokter spesialis paru RS Persahabatan, dr Erlina Burhan, SpP(K), salah satu gejala COVID-19 varian Omicron adalah nyeri kepala. Obat sakit kepala hadir sebagai solusi atas permasalahan tersebut.

Lima Obat Sakit Kepala Alami Ini Efektif Atasi Gejala Omicron

Meskipun ada banyak obat ditujukan untuk meredakan gejala sakit kepala, namun beberapa obat sakit kepala alami ini dapat digunakan sebagai pilihan alternatif yang efektif.

1. Minum Air Putih

Obat sakit kepala alami yang pertama ini bisa kita temukan dengan mudah, yaitu air putih. Hidrasi yang tidak memadai dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa dehidrasi kronis adalah penyebab umum sakit kepala tegang dan migrain.

Untungnya, air minum telah terbukti meredakan gejala sakit kepala pada sebagian besar individu yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingga tiga jam.

Terlebih lagi, dehidrasi dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan iritabilitas, membuat gejala menjadi tampak lebih buruk.

Untuk membantu menghindari sakit kepala karena dehidrasi, perbanyak minum cukup air sepanjang hari dan makan makanan yang kaya akan cairan.

2. Hindari Makanan Tinggi Histamin

Ternyata, mengurangi makanan yang mengandung histamin bisa jadi obat sakit kepala alami. Histamin adalah bahan kimia yang ditemukan secara alami di dalam tubuh yang berperan dalam sistem kekebalan, pencernaan, dan saraf.

Ini juga ditemukan dalam makanan tertentu seperti keju, makanan fermentasi, minuman beralkohol, ikan asap, dan daging yang diawetkan.

Studi menunjukkan mengkonsumsi histamin dapat menyebabkan migrain pada mereka yang sensitif terhadapnya.

Beberapa orang tidak dapat mengeluarkan histamin dengan benar karena mereka memiliki gangguan fungsi enzim yang bertanggung jawab untuk memecahnya.

Mengurangi makanan kaya histamin merupakan strategi yang berguna bagi orang yang sering mengalami sakit kepala.

3. Gunakan Minyak Atsiri

Minyak atsiri adalah cairan yang sangat pekat yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tanaman dan bisa digunakan sebagai obat sakit kepala alami.

Mereka memiliki banyak manfaat terapeutik dan paling sering digunakan secara topikal, meskipun beberapa dapat diminum.

Minyak esensial peppermint dan lavender sangat membantu saat sedang Anda sakit kepala.

Mengoleskan minyak esensial peppermint ke pelipis telah terbukti mengurangi gejala sakit kepala tegang.

Sementara itu, minyak lavender sangat efektif untuk mengurangi nyeri migrain dan gejala terkait saat dioleskan ke bibir atas dan dihirup.

4. Atasi Sakit dengan Kompres Dingin

Obat sakit kepala alami yang berikutnya adalah dengan menggunakan kompres dingin. Menggunakan kompres dingin dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala.

Dengan menaruh kompres dingin ke daerah leher atau kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah, yang semuanya membantu mengurangi sakit kepala.

Dalam satu penelitian pada 28 wanita, mengoleskan paket gel dingin ke kepala secara signifikan mengurangi nyeri migrain.

Untuk membuat kompres dingin, isi kantong kedap air dengan es dan bungkus dengan handuk lembut. Oleskan kompres ke bagian belakang leher, kepala atau pelipis untuk menghilangkan sakit kepala.

5. Minum Teh Jahe

Obat sakit kepala alami yang terakhir adalah teh jahe. Akar jahe mengandung banyak senyawa bermanfaat, termasuk antioksidan dan zat anti-inflamasi .

Sebuah studi pada 100 orang dengan migrain kronis menemukan bahwa 250 mg bubuk jahe sama efektifnya dengan obat sakit kepala konvensional sumatriptan dalam mengurangi nyeri migrain.

Terlebih lagi, jahe membantu mengurangi mual dan muntah, gejala umum yang terkait dengan sakit kepala parah.



Simak Video "WHO Minta Dunia Waspada Penyebaran Omicron yang Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)