Pandemi Sudah 2 Tahun, Belum Pernah Tes COVID? Orang-orang Ini Ungkap Alasannya

ADVERTISEMENT

Pandemi Sudah 2 Tahun, Belum Pernah Tes COVID? Orang-orang Ini Ungkap Alasannya

Tasya Kania Azzahra Choerunisa - detikHealth
Jumat, 11 Mar 2022 18:40 WIB
SDN Jati 01 Pagi, Pulo Gadung, Jakarta Timur, gelar swab PCR massal yang diikuti para guru. Hal itu dilakukan guna cegah penyebaran Corona di lingkungan sekolah
Ilustrasi tes COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kasus konfirmasi COVID-19 di Indonesia sudah mencapai 5.864.010 pada Jumat (11/3/2022). Di sisi lain, ternyata masih banyak orang yang belum pernah merasakan dampak COVID-19 di tubuhnya.

Ada berbagai alasan yang membuat sebagian orang masih 'clean sheet' alias belum pernah tertular sama sekali. Selain karena protokol kesehatan yang ketat, ada juga yang belum pernah tertular karena memang belum pernah tes. Dengan kata lain, belum pernah 'ketahuan positif'.

Ada banyak alasan kenapa beberapa orang jarang atau bahkan tidak pernah melakukan tes COVID-19. Di antaranya karena merasa tubuhnya tidak menunjukkan gejala ke arah COVID-19.




Rumsih (20) seorang mahasiswa mengatakan bahwa ia hanya pernah melakukan tes COVID-19 sekali saja sepanjang pandemi, dan hasilnya negatif. Sejak saat itu Rumsih belum pernah tes lagi karena memang jarang drop atau sakit saat pandemi.

"Biasanya aku kalo ngerasa sakit jarang diperiksa ke dokter soalnya paling 1-2 hari juga suka udah mendingan. Kalo misal dalam waktu 2 hari masih sakit baru dicek ke dokter, tapi kaya cuman cek biasa terus dikasih obat," jelasnya kepada detikcom, Jumat (11/03/2022).

Lagi pula, ia merasa selama ini jarang bertemu dengan teman-temannya atau keluar rumah, karena perkuliahan dilakukan secara daring. Sehingga, Rumsih lebih banyak beraktivitas di rumah.

Maka dari itu, ia merasa hampir tidak pernah merasakan gejala dan tidak perlu untuk melaksanakan tes COVID-19 secara berkala.

Simak video 'Pahami Lagi Perbedaan Endemi, Epidemi, dan Pandemi':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT