4 Obat Bisul Alami, Bisa Bikin Nanah Cepat Kering dan Sembuh

ADVERTISEMENT

4 Obat Bisul Alami, Bisa Bikin Nanah Cepat Kering dan Sembuh

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Sabtu, 12 Mar 2022 12:14 WIB
Abscess under the chin, area of suppuration. Collection of pus that has built up within the tissue of the body.
Jangan sembarangan pencet-pencet untuk mengobati bisul. (Foto: ilustrasi/Thinkstock)
Jakarta -

Ada beberapa obat bisul alami menggunakan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan. Menggunakan obat-obatan ini bisa jadi lebih baik untuk mempercepat kesembuhan daripada memaksa meremas bisul.

Bisul sendiri adalah benjolan merah berisi nanah yang terbentuk di bawah kulit. Penyakit ini sering menyakitkan dan tumbuh lebih besar sampai mereka terkuras. Mereka bisa tumbuh seukuran bola bisbol. Bisul yang lebih besar juga dikenal sebagai abses kulit.

Area di sekitar kulit juga bisa menjadi merah dan nyeri. Untuk itu, jangan memilih atau meremas bisul. Jika tidak dikeringkan dengan benar oleh dokter, itu bisa menginfeksi area terdekat atau mendorong infeksi lebih dalam ke kulit, menyebabkan lebih banyak bisul. Obat bisul alami juga bisa menjadi solusi terbaik.

Jika proses insisi dan drainase diperlukan, dokter akan membuat sayatan kecil pada bisul dan menggunakan kain kasa steril untuk menyerap dan mengeluarkan nanah. Ini hanya boleh dilakukan dengan hati-hati dan di lingkungan yang steril.

Empat Obat Bisul Alami

Sangat mungkin untuk mengobati bisul di dalam rumah sendiri dengan pengobatan alternatif. Dikutip dari Healthline, ada empat obat bisul alami yang efektif atasi bisul, antara lain:

1. Menggunakan Kompres Panas

Panas dapat membantu meningkatkan sirkulasi di suatu area, sehingga membawa lebih banyak sel darah putih dan antibodi ke area tersebut untuk melawan infeksi. Mengoleskan panas ke bisul adalah salah satu obat bisul alami terbaik yang bisa dicoba.

Tempatkan kompres hangat ke area tersebut selama 20 menit sekali. Lakukan ini tiga atau empat kali sehari setiap hari, sampai bisulnya hilang.

2. Minyak Pohon Teh (tea tree oil)

Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang kuat. Sifat-sifat ini dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul, sehingga menjadi salah satu obat bisul alami.

Minyak pohon teh tidak boleh dioleskan langsung ke kulit, karena dapat memiliki efek terbakar. Sebagai gantinya, campurkan lima tetes minyak pohon teh dengan satu sendok teh minyak kelapa atau zaitun.

Letakkan minyak pohon teh encer pada kapas dan oleskan pada bisul dua atau tiga kali sehari. Lakukan ini setiap hari sampai bisul benar-benar hilang.

3. Bubuk Kunyit

Bubuk kunyit memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi kunyit dapat membantu menyembuhkan bisul dan menghilangkannya dengan cepat.

Ada opsi untuk menelan langsung bubuk kunyit, menggunakannya secara topikal sebagai obat bisul alami, atau bahkan keduanya.

Untuk menelannya, rebus satu sendok teh bubuk kunyit dalam air atau susu, lalu dinginkan. Minum ramuan tersebut tiga kali sehari.

Untuk menggunakannya secara topikal, campur kunyit dengan air, jahe, atau keduanya untuk membuat minyak. Oleskan minyak tersebut ke bisul setidaknya dua kali sehari.

4. Garam Epsom

Garam epsom bukan hanya bisa menjadi obat relaksasi saja. Ini juga dapat menjadi obat bisul alami. Garam dapat membantu mengeringkan nanah, menyebabkan bisul mengering.

Larutkan garam epsom dalam air hangat dan rendam kompres di dalamnya. Oleskan kompres ke area bisul selama 20 menit setiap kali. Lakukan ini setidaknya tiga kali sehari sampai bisul hilang.



Simak Video "AS Berencana Cabut Status Darurat Covid-19, Indonesia Kapan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT