Minggu, 13 Mar 2022 15:46 WIB

Terpopuler Sepekan

Menelisik Penyebab Kematian Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama di Dunia

Vidya Pinandhita - detikHealth
close up of a pigs face on a truck, behind bars Ilustrasi menelisik penyebab kematian penerima cangkok jantung babi pertama di dunia. Foto: Getty Images/iStockphoto/pidjoe
Jakarta -

Orang pertama yang menerima transplantasi jantung dari babi, David Bennett, meninggal dunia di usia 57 tahun dua bulan setelah menjalani eksperimen terobosan. Hal itu diumumkan oleh rumah sakit Maryland, Rabu (9/3/2022), yang melakukan operasi transplantasi sebelumnya.

Dokter tidak menjelaskan penyebab pasti kematiannya, hanya menyebut kondisi pasien tersebut sempat memburuk beberapa hari sebelumnya.

Anak laki-laki dari Bennett mengapresiasi rumah sakit karena menawarkan eksperimen transplantasi jantung terakhir.

"Kami berterima kasih untuk setiap momen inovatif, setiap mimpi gila, setiap malam tanpa tidur yang masuk ke dalam upaya bersejarah ini," kata anak dari Bennett, dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, dikutip dari Euro News, Minggu (13/3).

"Kami berharap cerita ini bisa menjadi awal dari harapan dan bukan akhir," imbuhnya.

Selama beberapa dekade, sejumlah dokter berupaya menggunakan organ hewan untuk transplantasi ke tubuh manusia.

Bennett, seorang tukang dari Hagerstown, Maryland, menjadi kandidat untuk menerima transplantasi dari hewan tersebut. Setelah operasi pada 7 Januari, putra Bennett sempat mengatakan pada Associated Press bahwa sang ayah tak memiliki jaminan apa pun bahwa operasi transplantasi yang dijalaninya bakal berhasil.

Sebelumnya, upaya transplantasi (xenotransplantasi) pernah beberapa kali gagal disebabkan tubuh pasien dengan cepat menolak organ hewan. Kali ini, ahli bedah Maryland menggunakan jantung babi yang dimodifikasi secara genetik. Para ilmuwan telah memodifikasi hewan untuk menghilangkan gen babi yang memicu penolakan hiper-cepat dan menambahkan gen manusia untuk membantu tubuh menerima organ tersebut.

Awalnya, jantung babi sempat berfungsi dan rumah sakit Maryland secara berkala memberikan kabar bahwa Bennett memulih secara perlahan. Bahkan bulan lalu, rumah sakit merilis video Bennett tengah menonton Super Bowl dari ranjang rumah sakit sembari ditangani oleh ahli terapi fisik.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pasien Pertama Penerima Cangkok Jantung Babi Meninggal, Ini Kata Ahli"
[Gambas:Video 20detik]