Minggu, 13 Mar 2022 13:00 WIB

8 Tanda Infeksi Omicron pada Orang yang Sudah Divaksin COVID-19 Dosis Lengkap

Vidya Pinandhita - detikHealth
Omicron Corona Virus Variant Gejala varian Omicron pada orang yang sudah divaksin COVID-19 dosis lengkap. Foto: Getty Images/iStockphoto/MCCAIG
Jakarta -

Varian Omicron diyakini memicu gejala yang lebih ringan dibanding varian Corona lainnya. Bahkan, diyakini mirip dengan flu biasa seperti hidung meler dan mampet, batuk, sakit kepala, kelelahan, serta sakit tenggorokan. Namun pada orang-orang yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap, akankah gejalanya menjadi lebih ringan?

Peneliti di Norwegia melakukan penelitian terhadap 111 dan 117 tamu di sebuah pesta pada 26 November 2021, ketika varian Omicron mulai mewabah. Di antara subjek yang diwawancarai, 66 di antaranya memiliki kasus definitif COVID-19 dan 15 di antaranya memiliki kemungkinan kasus virus.

Dari 111 peserta penelitian, 89 persen di antaranya sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19 mRNA dan tidak ada yang sudah disuntik vaksin COVID-19 booster atau dosis lanjutan.

Dikutip dari Independent, menurut hasil riset yang diterbitkan dalam jurnal penyakit menular dan epidemiologi, Eurosurveillance, terdapat delapan gejala utama yang dialami oleh tamu pesta yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap, yaitu:

  • Batuk
  • Pilek
  • Kelelahan
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Demam
  • Bersin

Studi tersebut menemukan bahwa batuk, pilek, dan kelelahan adalah gejala paling umum pada individu yang sudah divaksinasi dosis lengkap, sementara bersin dan demam paling jarang ditemukan.

Sekilas, sederet gejala tersebut mirip dengan flu biasa sehingga sulit dibedakan.Menurut Profesor Tim Spector dari aplikasi studi ZOE COVID, sekitar 50 persen kasus pilek kini sebenarnya disebabkan COVID-19.

Di samping itu, para ahli juga meyakini terdapat dua gejala yang menandakan positif COVID-19, yakni kelelahan dan pusing atau pingsan. Lebih dari sekedar perasaan mudah lelah, 'kelelahan' dalam hal ini bisa diartikan sebagai nyeri tubuh disertai otot sakit, sakit kepala, serta penglihatan kabur dan napsu makan menurun.



Simak Video "Dokter Paru Jelaskan Alasan 89% Gejala Omicron Batuk Kering"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)