Selasa, 15 Mar 2022 06:30 WIB

Bukan Cuma COVID-19, 4 Penyakit Menular Ini Juga Menyerang Pernapasan!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
loving couple in medical masks on quarantine. self-isolation and love concept Foto: Getty Images/iStockphoto/Happycity21
Jakarta -

COVID-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 merupakan infeksi virus yang menyerang sistem pernapasan manusia. Bahkan, COVID-19 diklaim sebagai penyakit pernapasan yang menyebabkan kematian tertinggi di seluruh dunia.

Meskipun demikian, COVID-19 bukanlah satu-satunya penyakit yang menyerang saluran pernapasan. Masih banyak lagi patogen lainnya yang menyebabkan penyakit pernapasan. Seperti apa sih penyakit lain yang menyerang sistem pernapasan?

Dikutip dari Times of India, Senin (14/3/2022), berikut rangkumannya.

1. Pneumonia

Pneumonia merupakan salah satu penyakit pernapasan yang disebabkan oleh virus, bakteri, ataupun jamur. Jenis umum patogen yang menyebabkan pneumonia, yaitu streptococcus pneumoniae, haemophilus influenzae tipe b (Hib), virus pernapasan syncytial, dan pneumocystis jiroveci.

Penyakit ini menyumbang 14 persen kematian pada anak setiap tahunnya lantaran sangat menular.

Selain menyebar melalui tetesan (droplet) udara dari batuk atau bersin, pneumonia juga bisa menyebar melalui darah.

Adapun gejala umum pneumonia berupa sesak napas atau nyeri saat bernapas, alveoli diisi dengan nanah, dan cairan yang membatasi kapasitas pernapasan seseorang.

Selain itu, ada juga gejala lain yang cukup mirip dengan COVID-19, seperti batuk, kelelahan, mual, diare, hingga muntah.

2. Tuberkulosis

Penyakit pernapasan berikutnya adalah tuberkulosis atau disebut TB yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini diklaim WHO sebagai pembunuh menular nomor 2 setelah COVID-19.

"Sebanyak 1,5 juta orang meninggal karena TB pada tahun 2020 (termasuk 214.000 orang dengan HIV). Di seluruh dunia, TB adalah penyebab kematian ke-13 dan pembunuh menular nomor dua setelah COVID-19 (di atas HIV/AIDS)," tutur WHO.

Adapun gejalanya dapat berupa nyeri dada, kesulitan bernapas, penurunan berat badan, kelelahan, demam, keringat malam, dan kedinginan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Faktor yang Memengaruhi Keparahan Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]