Nggak Perlu Obat, Ini Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh Tapi Tetap Enak

ADVERTISEMENT

Nggak Perlu Obat, Ini Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh Tapi Tetap Enak

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 16 Mar 2022 11:31 WIB
Good HDL and bad LDL cholesterol written on blackboard by unrecognizable doctor with stethoscope
Makanan penurun kolesterol tinggi (Foto: iStock)
Jakarta -

Makanan penurun kolesterol merupakan informasi yang penting diketahui oleh pengidapnya. Pasalnya, selain mengkonsumsi obat, pengidap kolesterol juga perlu memperhatikan pemilihan makanan.

Sebagai informasi, kolesterol merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, entah itu kolesterol jahat maupun baik. Umumnya kolesterol berguna untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Dikutip dari Shape, Rabu (16/3/2022), terdapat dua jenis kolesterol, yaitu low-density lipopprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Jumlah LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung. Itu sebabnya pemilihan makanan sangat penting dilakukan bagi pengidap kolesterol

Makanan Penurun Kolesterol

Dikutip dari Harvard Health Publishing, berikut sejumlah makanan yang bisa menurunkan kolesterol.

1. Oat

Mengkonsumsi semangkuk oatmeal atau sereal berbasis oat untuk sarapan diklaim bisa menurunkan kolesterol. Makanan ini dapat memberikan 1 hingga 2 gram serat larut. Agar lebih nikmat untuk dikonsumsi, bisa menambahkan oat dengan buah pisang atau stroberi.

2. Barley dan Biji-bijian

Makanan penurun kolesterol berikutnya adalah barley dan biji-bijian seperti gandum. Pasalnya, bahan alami tersebut diklaim bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung akibat kolesterol, terutama melalui serat larut yang ada di dalam kandungannya.

3. Apel, Anggur, Stroberi, dan Jeruk

Buah apel, anggur, stroberi, dan jeruk diketahui kaya akan pektin, kandungan sejenis serat larut yang berguna untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

4. Minyak Sayur

Cobalah menggunakan minyak nabati, seperti canola, bunga matahari, safflower, dan lain-lain sebagai pengganti mentega atau minyak lemak jahat lainnya untuk menurunkan kolesterol jahat.

5. Kacang Polong

Kacang polong merupakan salah satu makanan penurun kolesterol yang bisa dicoba oleh para pengidapnya. Bahkan, mengkonsumsi kacang polong dapat membuat rasa kenyang lebih tahan lama dan membantu menurunkan berat badan.

6. Kedelai

Makanan kedelai dan makanan yang terbuat darinya, seperti tahu dan susu kedelai, disebut-sebut sebagai makanan penurun kolesterol yang ampuh loh. Berdasarkan analisis, mengkonsumsi 25 gram protein kedelai sehari (10 ons tahu atau 1.2 cangkir susu kedelai) dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 5 persen hingga 6 persen.

7. Fatty Fish

Makanan penurun kolesterol selanjutnya, yaitu fatty fish atau ikan gendut. Pengidap bisa mengkonsumsi ikan ini sebanyak dua atau tiga kali seminggu sebagai cara menurunkan kolesterol jahat.

Sebab, kandungan omega-3 di dalamnya dapat mengurangi trigliserida dalam aliran darah dan juga melindungi jantung dengan membantu mencegah timbulnya irama jantung yang tak normal.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT