Kamis, 17 Mar 2022 12:00 WIB

Dialami Raffi Ahmad, Ini 5 Fakta Saraf Kejepit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Raffi Ahmad dan Gading Marten adu skil dalam peluncuran sponsor IBL di Jakarta, Kamis (6/1/2022). Keduanya melakukan lemparan bola. Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit akibat saraf kejepit. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Artis Raffi Ahmad mendadak dilarikan ke rumah sakit usai mengeluhkan rasa sakit di bagian pinggang. Ini dirasakan setelah Raffi bermain dan menggendong anak pertamanya, Rafathar.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan di rumah sakit, diketahui Raffi mengalami saraf kejepit.

"Tadi sudah saya lihat MRI-nya. Ini sarafnya mas Raffi memang ada bantalan yang menonjol. Ini lah yang menekan saraf mas Raffi, jadi yang bikin sakit ya memang bantalan ini," jelas dokter yang menangani Raffi.

Apa Itu Saraf Kejepit?

Dikutip dari laman Primaya Hospital, saraf terjepit ini bisa terjadi di beberapa area tubuh. Misalnya pada tonjolan bantalan sendi di tulang pinggang bisa memberi tekanan pada saraf, sehingga menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke tungkai bawah.

Selain di area pinggang, kondisi ini bisa terjadi di pergelangan tangan. Ini menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di bagian telapak tangan dan jari, yang juga disebut sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel syndrome.

Apa penyebabnya?

Kondisi saraf terjepit ini bisa terjadi saat ada terlalu banyak tekanan (kompresi) pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Jaringan ini bisa berupa tulang atau tulang rawan, otot, dan juga tendon.

Adapun beberapa kondisi lainnya yang bisa menyebabkan jaringan menekan saraf, seperti:

  • Cedera
  • Rematik atau radang sendi pergelangan tangan
  • Tekanan dari kegiatan yang berulang
  • Olahraga
  • Kegemukan

Ada beberapa gejala yang bisa dirasakan jika mengalami saraf terjepit. Simak di halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]