Kamis, 17 Mar 2022 14:48 WIB

Apa Itu Endoskopi? Operasi yang Dijalani Raffi Ahmad Gegara Saraf Kejepit

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit. Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit akibat saraf kejepit. (Foto: YouTube)
Jakarta -

Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit akibat saraf kejepit. Ini terjadi setelah dirinya bermain dan menggendong anak pertamanya, Rafathar.

Dokter mengatakan dari hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI), terlihat ada bantalan yang menonjol di pinggang Raffi. Dokter menyarankan Raffi Ahmad untuk melakukan tindakan medis, yaitu dengan endoskopi.

"Tenang, sekarang teknologi sudah bagus, pakai endoskopi. Prinsipnya kita tidak perlu melakukan sayatan bedah lagi," beber dokter tersebut.

Endoskopi merupakan prosedur medis yang menggunakan instrumen khusus untuk melihat dan mengoperasikan organ dalam serta pembuluh darah tubuh. Dengan prosedur ini, memungkinkan ahli bedah untuk melihat masalah di dalam tubuh tanpa membuat sayatan yang besar.

Dikutip dari Healthline, ahli bedah akan memasukkan endoskop yaitu alat berbentuk selang yang dilengkapi kamera dan senter di bagian ujungnya, melalui sayatan kecil atau lubang di tubuh seperti mulut.

Terkait tindakan medis untuk saraf terjepit, ada dua metode endoskopi yang bisa dilakukan, dikutip dari laman International Spine Institute:

1. Diskektomi Endoskopi (Endoscopic Discectomy)

Metode operasi saraf terjepit ini dilakukan dengan sayatan kurang dari setengah sentimeter. Dengan metode ini, ahli bedah bisa menghindari semua reseksi tulang lamina dan memasuki tulang belakang tanpa mengganggu atau memotong otot.

Ahli bedah secara langsung mengamati disk hernia di lingkungan air (artroskopi) dengan endoskopi saluran kerja bedah yang digabungkan dengan kamera HD. Selama pembedahan, pasien dalam kondisi sadar dan tetap merasa nyaman.

Pasien yang menjalani metode ini bisa kembali beraktivitas dalam waktu seminggu.

2. Foraminalplasty Endoskopi (Endoscopic Foraminalplasty)

Metode ini juga dilakukan dengan membuat sayatan kecil sebesar setengah sentimeter pada kulit. Otot-otot punggung dibiarkan melebar untuk mendapatkan akses ke tempat pembedahan.

Dokter akan menggunakan endoskopi melewati saluran tubuh dengan kamera yang terpasang untuk melihat lokasi pembedahan. Metode ini tidak diperlukan anestesi dan tetap aman untuk pasien.



Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)