Raffi Ahmad Sampai Dilarikan ke RS, Kenali Gejala Saraf Kejepit

ADVERTISEMENT

Round Up

Raffi Ahmad Sampai Dilarikan ke RS, Kenali Gejala Saraf Kejepit

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Kamis, 17 Mar 2022 21:00 WIB
Raffi Ahmad saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk.
Raffi Ahmad sampai dilarikan ke RS, kenali gejala saraf kejepit (Foto: Noel/detikHOT)
Jakarta -

Selebriti Raffi Ahmad menjalani operasi akibat saraf kejepit yang dideritanya. Ia mengaku mengeluhkan pinggangnya terasa sakit setelah menggendong putra pertamanya, Rafathar Malik Ahmad.

Setelah menjalani serangkaian pemeriksaan di rumah sakit, diketahui Raffi mengalami saraf kejepit.

"Ini sakit karena ini sarafnya sedikit ketekan, ini saraf kejepitnya mas Raffi," kata dokter yang menangani Raffi Ahmad sambil menunjuk hasil rontgen, seperti yang dilihat di Youtube pribadinya, Kamis (17/3/2022).

Apa Itu Saraf Kejepit?

Dikutip dari halaman Primaya Hospital, saraf terjepit ini bisa terjadi di beberapa area tubuh. Misalnya pada tonjolan bantalan sendi di tulang pinggang bisa memberi tekanan pada saraf, sehingga menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke tungkai bawah.

Selain di area pinggang, kondisi ini bisa terjadi di pergelangan tangan. Ini menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di bagian telapak tangan dan jari yang juga disebut sindrom terowongan karpal atau carpal tunnel syndrome.

Apa penyebabnya?

Kondisi saraf terjepit ini bisa terjadi saat ada terlalu banyak tekanan pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Jaringan ini bisa berupa tulang atau tulang rawan, otot, dan juga tendon.

Pada dasarnya, rasa sakit akibat saraf kejepit bisa reda dengan sendirinya tanpa perlu pengobatan medis. Namun, dalam beberapa kasus, diperlukan bantuan medis untuk mengobatinya, seperti operasi.

Adapun gejala saraf kejepit, seperti:

  • Mati rasa
  • Kesemutan
  • Rasa lemah
  • Nyeri terpusat


Simak Video "Hanung Bramantyo Gelontorkan Rp 200 Juta untuk Operasi Saraf Kejepit "
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT