Dialami Raffi Ahmad, Ini Beda Nyeri Pinggang Biasa Vs Saraf Kejepit

ADVERTISEMENT

Dialami Raffi Ahmad, Ini Beda Nyeri Pinggang Biasa Vs Saraf Kejepit

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 18 Mar 2022 09:00 WIB
Raffi Ahmad dilarikan ke rumah sakit.
Raffi Ahmad alami saraf kejepit. (Foto: YouTube)
Jakarta -

Selebriti Raffi Ahmad sempat dirawat di rumah sakit karena mengalami saraf kejepit. Raffi sempat mengeluh kesakitan di bagian punggung dan pinggang usai menggendong anak pertamanya, Rafathar.

"Ini sakit karena ini sarafnya sedikit ketekan, ini saraf kejepitnya mas Raffi," kata dokter yang menangani Raffi Ahmad sambil menunjuk hasil rontgen, seperti yang dilihat di Youtube pribadinya, Kamis (17/3/2022).

Sakit di bagian pinggang merupakan salah satu keluhan umum yang dirasakan orang segala usia. Namun bagaimana cara membedakan nyeri pinggang biasa dan saraf kejepit?

Dikutip dari laman RS Permata Keluarga Husada, nyeri pinggang atau low back pain (LBP) terjadi ketika otot menegang akibat melakukan aktivitas fisik yang berat. Pada nyeri pinggang biasa, gejala yang timbul awalnya pinggang terasa pegal dan muncul rasa sakit yang menusuk.

Namun pada nyeri pinggang yang disebabkan oleh saraf terjepit atau disebut juga dengan Hernia Nucleus Pulposus (HNP), keluhan yang muncul adalah nyeri pinggang hingga seluruh bagian kaki, kesemutan, mati rasa atau kebas yang membuat seseorang sulit bergerak.

Bila terjadi saraf kejepit, gejala yang bisa muncul termasuk

  • Mati rasa pada satu sisi tubuh
  • Kelemahan otot
  • Kesemutan
  • Rasa sakit di bagian pinggang yang tak kunjung reda


Simak Video "Gerakan Salat Dapat Bantu Percepat Terapi Nyeri Pinggang"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT