Bye-bye Obat! Ini 6 Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total dan Alami

ADVERTISEMENT

Bye-bye Obat! Ini 6 Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total dan Alami

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 18 Mar 2022 13:15 WIB
Tanda asam urat
Cara menyembuhkan asam urat secara total (Foto: Getty Images/iStockphoto/Boyloso)
Jakarta -

Cara menyembuhkan asam urat secara total dan alami penting diketahui pengidapnya. Pasalnya, tak hanya mengkonsumsi obat-obatan, asam urat juga bisa diatasi dengan sejumlah bahan alami. Lantas, apa itu asam urat?

Asam urat merupakan penyakit akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan, seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi, dan daging merah. Purin merupakan senyawa dalam DNA yang dapat dimetabolisasi menjadi asam urat.

Asam urat sudah menumpuk di persendian dapat memicu gout, yakni radang yang dicirikan dengan bengkak dan rasa sakit di persendian.

Cara Menyembuhkan Asam Urat Secara Total dan Alami

Lantas, bagaimana cara menyembuhkan asam urat secara total dan alami? Dikutip dari Healthline, Jumat (18/3/2022), berikut 6 bahan alami yang bisa dicoba.

1. Ceri

Cara menyembuhkan asam urat secara total bisa dicoba dengan mengkonsumsi buah ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah.

Pasalnya, buah ceri merupakan obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

2. Jahe

Bisa juga mencoba tanaman jahe sebagai cara menyembuhkan asam urat secara total. Caranya, didihkan air dan sediakan 2 sendok teh jahe, lalu tunggu selama 10 menit hingga tercampur rata.

Konsumsi 3 gelas per hari agar mendapatkan hasil yang optimal. Selain dibuat dalam bentuk minuman, jahe juga bisa langsung ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Caranya, tempelkan jahe dengan air hangat, dan tunggu selama 15 hingga 30 menit.

3. Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Selain jahe, cara menyembuhkan asam urat secara total bisa dilakukan dengan campuran air hangat dengan cuka apel, jus lemon, dan kunyit. Minumlah sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

4. Seledri

Seledri merupakan makanan yang secara tradisional digunakan untuk masalah kemih dan asam urat. Pengidap bisa mengkonsumsi jus dan biji seledri sebagai cara menyembuhkannya.

5. Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang telah dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan peradangan dan rasa sakit akibat asam urat. Untuk mencobanya, bisa dibuat sebagai minuman hangat dengan merebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir, serta diminum hingga 3 gelas per hari.

6. Garam Epsom

Cara menyembuhkan asam urat secara total berikutnya bisa dilakukan dengan mandi garam epsom. Caranya, campurkan 1 hingga 2 cangkir garam epsom dalam bak mandi, kemudian rendam seluruh tubuh atau hanya sendi yang mengalami peradangan.

Apabila cara menyembuhkan asam urat secara total di atas ini tak membantu meredakannya, dianjurkan untuk pergi ke dokter agar segera ditangani lebih lanjut.



Simak Video "Dokter: Gejala Penyakit Pasca-Lebaran Biasanya Tidak Spesifik"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT