ADVERTISEMENT

Jumat, 18 Mar 2022 16:58 WIB

Nggak Neko-neko Hasilnya! Ini 5 Ramuan Penurun Kolesterol Tinggi yang Ampuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Daftar Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi Ramuan penurun kolesterol (Foto: Getty Images/iStockphoto/nalinratphi)
Jakarta -

Ramuan penurun kolesterol kerap dicari oleh masyarakat sebagai pengobatan alami untuk meredakan kolesterol. Sebab, tak hanya obat medis, tetapi juga bahan alami pun diklaim bisa menurunkan kolesterol tinggi sehingga banyak masyarakat yang ingin mencobanya.

Kolesterol merupakan molekul lipid yang dapat ditemukan di dalam darah, entah itu kolesterol jahat maupun baik. Umumnya kolesterol berguna untuk mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D.

Secara umum, terdapat dua jenis kolesterol, yaitu low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh umumnya disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat, seperti tingginya asupan lemak jenuh dan kurangnya aktivitas fisik. Juga faktor lain, seperti obesitas, merokok, mengonsumsi alkohol, dan genetik juga berkontribusi terhadap meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Ramuan Penurun Kolesterol

Pada dasarnya, kadar kolesterol dapat dikurangi dengan melakukan sejumlah perubahan pada pola diet dan rajin beraktivitas fisik atau berolahraga. Sebagai pendukung, ramuan penurun kolesterol juga bisa menekan kadar kolesterol tinggi di dalam tubuh.

Dikutip dari NDTV, Jumat (18/3/2022), berikut sejumlah ramuan penurun kolesterol yang bisa dicoba di rumah.

1. Teh Hijau

Teh hijau diklaim sebagai ramuan penurun kolesterol. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya yang baik untuk kolesterol.

Selain itu, teh hijau juga diklaim bisa mengurangi risiko kardiovaskular atau jantung, mendukung penurunan berat badan, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi risiko diabetes.

2. Teh Oolong

Ramuan penurun kolesterol berikutnya, pengidap bisa mencoba mengkonsumsi teh oolong. Ramuan ini dipercaya bisa mencegah perkembangan kadar kolesterol jahat hingga membantu mengelola kadar gula darah di dalam tubuh.

3. Teh hitam

Oolong dan hijau, teh hitam juga dipercaya sebagai penurun kolesterol. Kandungannya yang kaya akan antioksidan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Bahkan, bisa mengontrol kadar gula darah hingga meningkatkan kesehatan usus.

4. Kunyit

Pengidap bisa mencampurkan kunyit sebagai ramuan penurun kolesterol pada sejumlah makanan. Pasalnya, masakan yang mengandung bahan kunyit sangat bermanfaat untuk pengidap kolesterol berlebihan. Sifat kunyit dapat berguna untuk menekan pengaruh buruk lemak jenuh.

Jika ingin mengonsumsi santan, sebaiknya campurkan bumbu kunyit ke dalamnya. Kunyit dalam hidangan bersantan mampu menetralkan pengaruh buruknya.

5. Jahe

Begitu juga dengan jahe yang dipercaya sebagai ramuan penurun kolesterol. Jahe dapat dikonsumsi oleh pengidap kolesterol lantaran mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Untuk bisa mendapatkan manfaatnya, cukup minum wedang jahe tanpa gula secara rutin.

Nah, bagi masyarakat yang tengah mencari ramuan penurun kolesterol, bisa mencoba sejumlah bahan alami di atas. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, disarankan rutin mengkonsumsinya ya.

Namun, apabila sejumlah bahan tersebut tak membantu menurunkan kadar kolesterol, disarankan untuk pergi ke dokter agar mendapatkan perawatan.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT