Gampang 'Silau' Saat Crazy Rich Pamer Harta, Ini Kemungkinan Psikologisnya

ADVERTISEMENT

Gampang 'Silau' Saat Crazy Rich Pamer Harta, Ini Kemungkinan Psikologisnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jumat, 18 Mar 2022 18:00 WIB
Beautiful young woman make shopping in black friday holiday. Girl with bag on lgiht background.
Crazy rich yang suka pamer harta kerap bikin silau (Foto: Getty Images/iStockphoto/mikeorlov)
Jakarta -

Belakangan, media sosial ramai istilah 'Crazy Rich palsu' imbas munculnya kasus penipuan yang menyeret nama Indra Kenz dan Doni Salmanan. Hal tersebut kini marak disorot warganet, mengingat kedua pihak kerap mempertontonkan aksi bagi-bagi uang, atau gaya hidup layaknya 'Crazy Rich'.

Psikolog klinis dan Co-Founder Ohana Space, Veronica Adesla, menerangkan istilah 'Crazy Rich' digunakan untuk menggambarkan kalangan masyarakat yang amat kaya. Sebenarnya, yang sering menjadi konflik di masyarakat bukan kekayaan kalangan tersebut, melainkan sikap pamer harta dan gaya hidup mewah.

"Yang menjadi permasalahan itu adalah perilaku pamernya. Perilaku pamer harta, baik itu crazy rich benaran atau orang-orang yang ingin dinilai, ingin menampilkan diri sebagai crazy rich tetapi mungkin bukan," ujarnya saat ditemui detikcom di Ohana Space, Jakarta Barat, Rabu (16/3/2022).

"Yang dipermasalahkan adalah tindakan pamer ini sendiri. Kalau ngomongin masalah pamer, pamer itu kan kalau dicari di KBBI pamer itu berarti dengan sengaja menunjukkan atau menampilkan perilaku yang menunjukkan bahwa dia itu hebat atau keunggulan diri dia, dan menyombongkan diri. Itu adalah pamer," imbuh Veronica.

Terpana Melihat Hidup Mewah Crazy Rich, Wajarkah?

Di samping laporan pihak-pihak yang dirugikan atas kasus penipuan tersebut, masyarakat menyorot gaya hidup mewah nan dermawan yang tak jarang ditunjukkan 'Crazy Rich palsu' di media sosial. Tak menutup mata, tontonan tersebut memberi kesan meyakinkan bahwa oknum terkait bergelimang harta.

Veronica menjelaskan, wajar jika masyarakat tertarik melihat kemewahan yang kerap dipertontonkan para Crazy Rich. Pasalnya, mendapatkan uang banyak dalam waktu singkat memang jadi impian banyak orang.



Simak Video "Psikolog Bicara Soal Istilah 'Crazy Rich Palsu'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT