Menkes Bawa Kabar Baik Varian Deltacron, Ternyata Mirip Varian Mu dan Lambda

ADVERTISEMENT

Menkes Bawa Kabar Baik Varian Deltacron, Ternyata Mirip Varian Mu dan Lambda

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sabtu, 19 Mar 2022 09:03 WIB
Apa yang Sudah Diketahui tentang Varian Deltacron?
Kabar baik varian Deltacron. (Foto: DW (SoftNews)
Jakarta -

Varian 'hybrid' Deltacron belakangan menjadi sorotan lantaran dikhawatirkan lebih berbahaya karena Delta dan Omicron sama-sama masuk daftar variant of Concern (VoC) atau varian mengkhawatirkan. Karenanya, gabungan kedua varian tersebut sempat dinilai berisiko memicu gejala COVID-19 berat.

Namun, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memprediksi Deltacron tak se-mengkhawatirkan yang dibayangkan. Bahkan, para ahli disebutnya meyakini varian 'hybrid' Deltacron, serupa dengan varian Lambda dan Mu.

"Itu sebenarnya bukan mutasi itu seperti kombinasi dari dua varian, yaitu varian Delta dan Omicron. Dan sampai sekarang varian tersebut masuk variant under monitoring (VuM), artinya belum dipastikan transmisi-nya lebih cepat atau tidak," beber Budi dalam konferensi pers, Jumat (18/3/2022).

"Lebih severe, lebih parah atau tidak, tapi yang jelas kombinasi Deltacron sudah masuk lama sebulan dan tidak ada progress-nya," sambung dia.

Varian Lambda dan Mu juga sempat menjadi kekhawatiran para ahli, tetapi rupanya kasusnya cepat mereda dan tidak memicu peningkatan kasus eksponensial seperti Omicron, atau gejala berat seperti COVID-19 varian Delta. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga kini mengkategorikan Deltacron dalam variant under monitoring.

Artinya, varian tersebut masih terus dipantau apakah memicu gejala berat atau tingkat penularan lebih cepat. Sementara hingga kini, subvarian Omicron BA.2 yang diyakini WHO menjadi varian paling menular.

"Kalau kita melihat gejalanya ini mungkin kaya varian Mu dan Lambda, tidak seperti mengkhawatirkan yang dibayangkan," pungkas Menkes.



Simak Video "Potret Rumah Sakit di Shanghai yang Padat Pasien Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT