ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Mar 2022 15:03 WIB

Viral Pusar Tak Boleh Dibersihkan, Memangnya Bahaya? Ini Kata Ahlinya

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
ilustrasi perut Viral pusar tak boleh dibersihkan, bahayakah? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, sempat viral netizen di TikTok menceritakan perutnya melilit jika kotoran di pusar dibersihkan. Per Sabtu, 19 Maret, unggahan tersebut telah ditonton sebanyak 3,2 juta kali dan telah disukai oleh 175,6 ribu pengguna TikTok.

Karenanya, dalam video viral tersebut, ia menyarankan sebaiknya kotoran di pusar tak perlu dibersihkan. Benarkah demikian?

"Justru sering terjadi infeksi di pusar karena tidak dibersihkan dengan baik," kata Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, lewat keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (19/3/2022).

Pusar sendiri berfungsi untuk mengatur kerja organ hati yang memecah senyawa bersifat racun di dalam tubuh. Mengatur kapasitas senyawa di hati agar seseorang tak keracunan, pusar juga memiliki fungsi penting untuk mengatur kerja lambung.

Prof Ari menjelaskan, karena tali pusar ini masuk ke dalam, sering lembap dan mudah terjadi infeksi kalau tidak sering dibersihkan.

@matchaarii #fypya #fypdongggggggg ♬ suara asli - Ervan (sb jnck)

Lalu, bagaimana proses pembersihan yang benar? Prof Ari menyarankan untuk membersihkan pusar seperti menggunakan dengan lap, spons, atau secara langsung dengan jari saat mandi.

Beliau juga menyarankan untuk menggunakan sabun antiseptik dan air atau dengan larutan air garam. Setelah selesai dibersihkan, pastikan pusar sudah kering sepenuhnya dan hindari pakaian yang ketat agar tidak pusar tidak mengalami iritasi.

Selain cara yang disarankan di atas, cara pembersihan lainnya, seperti krim atau pelembap, sangat tidak disarankan. Krim atau pelembap tersebut dapat menyumbat pusar dan penyumbatan ini dapat meningkatkan bakteri atau jamur untuk tumbuh.



Simak Video "Manfaat Air Putih, Cegah Sembelit hingga Kulit Berkilau"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT