ADVERTISEMENT

Sabtu, 19 Mar 2022 17:01 WIB

Terpopuler Sepekan

Deltacron Muncul saat Omicron Mulai Mereda, Waspadai 4 Gejalanya

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Apa yang Sudah Diketahui tentang Varian Deltacron? 4 gejala varian Deltacron (Foto: DW (SoftNews))
Jakarta -

Belakangan masyarakat dunia dibuat geger dengan penemuan kasus kombinasi varian COVID-19 Delta dan Omicron, yakni Deltacron. Diketahui varian hybrid ini telah menyebar di Eropa dan Amerika Serikat.

Kabar mengkhawatirkan ini membuat banyak orang khawatir akan adanya gelombang COVID-19 selanjutnya. Lantas, seperti apa gejala yang ditimbulkan Deltacron?

Gejala Deltacron

Hingga hari ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih melakukan pemantauan dan belum menetapkan secara spesifik gejala yang ditimbulkan varian hybrid Deltacron. Namun karena varian ini merupakan gabungan dari Delta dan Omicron, kemungkinan besar tidak ada perbedaan gejala dengan varian COVID-19 lainnya.

"Jadi gejalanya sama-sama seperti SARS-CoV-2. Gejalanya sama-sama menyerang tubuh kita," kata juru bicara Satgas COVID-19, dr Reisa Broto Asmoro dalam diskusi daring, Senin (14/3/2022).

Adapun gejala Deltacron antara lain:

  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit tenggorokan
  • Demam

"Merasakan gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan ada demam, menyerupai flu sebaiknya dilakukan antigen (test swab) sesegera mungkin," imbau dr Reisa dalam Siaran Sehat 'Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19 di Indonesia', Minggu (27/2/2022)

Saksikan juga: Awam Prakoso, Pemandu Imajinasi Anak-Anak

[Gambas:Video 20detik]



(any/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT