ADVERTISEMENT

Senin, 21 Mar 2022 12:03 WIB

Corona Naik Lagi, Inggris Bakal Suntikkan Vaksin ke-4 Pekan Depan

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Gereja Westminster Abbey dialihfungsi jadi pusat vaksinasi COVID-19 di Inggris. Ribuan vaksin untuk warga Inggris disediakan di bangunan bersejarah tersebut. Inggris vaksin dosis keempat minggu depan (Foto: Stefan Rousseau/PA via AP)
Jakarta -

Pemberian vaksinasi COVID-19 masih menjadi senjata utama dalam mencegah penyakit parah, rawat inap, dan kematian akibat COVID-19. Maka dari itu, pemerintah Inggris akan memberikan vaksinasi COVID-19 keempat mulai minggu depan.

Lembaga Kesehatan Nasional (NHS) Inggris mengatakan, suntikan vaksin dosis keempat akan ditawarkan kepada kelompok rentan. Rencananya, suntikan vaksin keempat ini akan diberikan terutama bagi tenaga kesehatan, lansia berusia lebih dari 75 tahun dan penderita autoimun.

"Program vaksinasi telah menyelamatkan banyak nyawa dan membangun tembok pertahanan yang memungkinkan kami belajar hidup bersama dengan COVID-19," ungkap Menteri Kesehatan Inggris Sajid Javid, dikutip dari The Straits Times, Senin (21/3/2022).

Menurut data NHS, diperkirakan akan ada 5 juta orang yang akan menerima suntikan vaksin dosis keempat. Diperkirakan akan ada 600 ribu orang akan menerima vaksin dosis keempat minggu depan.

Kasus Corona di Inggris kembali melonjak imbas varian Omicron, ada sekitar satu dari 20 orang yang terinfeksi. Tak hanya itu, tingkat keterisian rumah sakit kembali meningkat. Namun, jumlah warga yang terinfeksi COVID-19 dengan kondisi parah dan harus dirawat intensif tetap rendah.

Dalam kesempatan terpisah, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson saat berpidato di Konferensi Musim Semi Partai Konservatif mengatakan negaranya siap untuk memberikan vaksin dosis keempat.

"Kami tengah bersiap untuk penyuntikan dosis keempat karena kita akan membutuhkannya," ungkap Boris.



Simak Video "Panduan Kemenkes soal Jenis Vaksin yang Dipakai untuk Booster Kedua"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT