ADVERTISEMENT

Senin, 21 Mar 2022 12:30 WIB

4 Fakta Gegar Otak yang Dialami Marc Marquez Usai Crash Mandalika

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Honda Spanish rider Marc Marquez sits in the box during the second MotoGP free practice session ahead of the Moto Grand Prix of Aragon at the Motorland circuit in Alcaniz on September 10, 2021. (Photo by LLUIS GENE / AFP) Sederet fakta soal gegar otak yang dialami Marc Marquez usai crash horor di Mandalika. (Foto: AFP/LLUIS GENE)
Jakarta -

Rider Marc Marquez absen balapan di Pertamina Grand Prix of Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Ini terjadi setelah dirinya terjatuh di sesi pemanasan dan mengalami benturan yang keras di kepalanya.

Dari pemeriksaan, Marc Marquez mengalami gegar otak dan harus menjalani observasi antara 12-24 jam. Diketahui ini merupakan kali kedua rider Repsol Honda tersebut mengalami cedera otak.

Sebelumnya, Marc Marquez sempat absen dalam MotoGP Valencia 2021 karena gegar otak. Hal itu terjadi akibat kecelakaan motor trail.

Apa Itu Gegar Otak?

Menurut the center of disease control and prevention (CDC), gegar otak merupakan cedera otak traumatis yang disebabkan oleh guncangan, hentakan di kepala, atau benturan di badan yang mengguncang kepala.

Gerakan yang mendadak bisa menyebabkan otak terguncang di dalam tempurung kepala. Hal ini akan memicu terjadinya perubahan kimia pada otak dan kadang kerusakan sel otak.

Gejala Apa Saja yang Bisa Muncul?

Dikutip dari Mayo Clinic, gegar otak bisa memicu beberapa efek samping seperti sakit kepala dan gangguan konsentrasi, memori, keseimbangan, dan koordinasi. Di beberapa kasus, kondisi ini bisa disertai hilang kesadaran.

Tidak semua kondisi gegar otak bisa memunculkan gejala, ada juga yang baru muncul beberapa hari atau pekan kemudian. Gejala umum yang muncul bisa berupa sakit kepala, amnesia atau hilang ingatan, dan bingung.

Beberapa gejala gegar otak, yaitu:

  • Sakit kepala
  • Telinga berdenging
  • Mual
  • Muntah
  • Lelah dan mengantuk
  • Pandangan kabur

Bagaimana jika cedera gegar otak ini terjadi berulang? Seperti apa dampaknya? Simak ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Do's & Don'ts Memainkan Singing Bowl Buat Healing"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT