Mengenal Gegar Otak, Dialami Marc Marquez Usai Crash Horor di Mandalika

ADVERTISEMENT

Mengenal Gegar Otak, Dialami Marc Marquez Usai Crash Horor di Mandalika

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 21 Mar 2022 05:46 WIB
Jakarta -

Rider Repsol Honda Marc Marquez mengalami crash horor di tikungan 7 saat menjalani sesi pemanasan di Pertamina Grand Prix of Indonesia, Minggu (20/3/2022). Hasil pemeriksaan, ia mengalami gegar otak.

Karena gegar otak yang dialaminya, Marc Marquez dinyatakan tidak fit untuk ikut balapan. Ia pun harus absen di balapan Sirkuit Pertamina Mandalika dan harus menjalani observasi antara 12-24 jam.

"Marc baik-baik saja. Dia mengalami crash dengan tenaga tinggi saat pemanasan yang mengakibatkan cedera di kepala," kata dr Angel Charte dikutip dari MotoGP.

Aturan yang berlaku di MotoGP mengharuskan tim medis untuk melakukan pengamatan ekstra untuk memastikan pemalap fit atau tidak fit saat balapan, terutama untuk beberapa kondisi. Di antaranya cedera kepala, gegar otak, cedera di rongga dada dan perut, serta cedera muskoskeletal (otot dan rangka) termasuk retak yang harus dioperasi.

Apa itu gegar otak?

The center of disease control and prevention (CDC) mendefinisikan gegar otak seb agai cedera otak traumatis atau traumatic brain injury (TBI) yang disebabkan oleh guncangan, atau hentakan di kepala, atau benturan di badan yang mengguncang kepala. Gerakan yang mendadak bisa menyebabkan otak terguncang di dalam tempurung kepala, memicu perubahan kimia di otak dan kadang kerusakan sel otak.

Efek gegar otak seperti dikutip dari Mayo Clinic dapat bersifat sementara, tetpai bisa mencakup sakit kepala dan gangguan untuk konsentrasi, memori, keseimbangan, dan koordinasi. Beberapa kasus bisa disertai hilang kesadaran, tetapi tidak selalu.

Tidak semua gegar otak memunculkan gejala, ada juga yang baru muncul beberapa hari atau bahkan beberapa pekan kemudian. Gejala yang umum teramati antara lain sakit kepala, amnesia atau hilang ingatan, dan bingung. Amnesia bisa berupa lupa kejadian yang memicu gegar otak.

Beberapa gejala gegar otak:

  • Sakit kepala
  • Telinga berdenging
  • Mual
  • Muntah
  • Lelah dan mengantuk
  • Pandangan kabur.

(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT