Hati-hati, Riset Ungkap Suplemen Ini Tingkatkan Risiko Kanker Prostat 163 Persen

ADVERTISEMENT

Hati-hati, Riset Ungkap Suplemen Ini Tingkatkan Risiko Kanker Prostat 163 Persen

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 21 Mar 2022 19:00 WIB
Ilustrasi kanker prostat
Foto: Getty Images/iStockphoto/Jan-Otto
Jakarta -

Banyak orang mengonsumsi suplemen untuk menambah kadar asupan vitamin dalam tubuh. Vitamin dan mineral seperti zat besi, kalsium, vitamin C dan vitamin D menjadi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

Namun, studi baru mengungkap efek buruk mengonsumsi suplemen tertentu yang berkaitan dengan kanker prostat. Dikutip dari Express UK, suplemen asam folat meningkatkan risiko kanker prostat.

Pria yang mengonsumsi suplemen tersebut dengan dosis tinggi, memiliki peningkatan risiko kanker prostat lebih dari dua kali lipat, dibandingkan dengan pria yang tidak mengonsumsi suplemen asam folat.

Temuan menyoroti potensi peran kompleks folat dalam kanker prostat dan kemungkinan efek yang berbeda dari suplemen yang mengandung asam folat dengan sumber alami folat.

"Apa yang dapat kita katakan adalah bahwa banyak folat tidak mungkin bermanfaat untuk kanker prostat, dan itu mungkin berbahaya," kata dr Jane C Figueiredo dari University of Southern California, Los Angeles.

Riset menganalisis pria secara acak, terbagi menjadi kelompok yang diberikan plasebo atau suplemen dengan aspirin dosis rendah harian dan 1 miligram asam folat setiap hari.

"Mereka yang mengonsumsi aspirin saja ditemukan tidak memiliki efek signifikan pada kejadian kanker prostat, tetapi mengonsumsi asam folat ditemukan meningkatkan risiko kanker prostat sebesar 163 persen," demikian kata studi, seperti yang dilaporkan WebMD.

Dalam penelitian lain yang diterbitkan di BMJ, risiko kanker dengan suplementasi asam folat dianalisis lebih lanjut. Meta-analisis dari enam uji coba terkontrol secara acak melaporkan kejadian kanker prostat untuk pria yang menerima asam folat dibandingkan dengan kontrol.

"Tidak ada perbedaan signifikan dalam insiden kanker yang ditunjukkan antara kelompok yang menerima asam folat dan kelompok plasebo/kontrol, untuk jenis kanker lainnya," catat penelitian tersebut.

"Kanker prostat adalah satu-satunya jenis kanker yang ditemukan meningkat setelah suplementasi asam folat," lanjut studi.



Simak Video "Pantangan Makanan untuk Pasien Kanker Prostat"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT