ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Mar 2022 13:41 WIB

Mengenal Singing Bowl, Viral Gara-gara Dipakai Pawang Hujan MotoGP Mandalika

Vidya Pinandhita - detikHealth
Pawang hujan kembali beraksi di Sirkuit Mandalika Pawang hujan Rara Istiani Wulandari di Sirkuit Pertamina Mandalika menggunakan 'Singing Bowl'. Foto: Youtube MotoGP
Topik Hangat Singing Bowl
Jakarta -

Pawang hujan Rara Istiani Wulandari di Sirkuit Pertamina Mandalika viral disorot publik. Dalam aksinya, sang pawang hujan membawa mangkuk keemasan yang lazim disebut sebagai 'Singing Bowl'.

Rupanya, alat tersebut punya fungsi yang lebih mendalam, bukan sekadar properti pawang hujan. Diyakini bisa memengaruhi gelombang otak, dan karenanya banyak digunakan untuk meditasi maupun sebagai perantara terapi.

Praktisi singing bowl yang juga founder dari Singing Bowl Indonesia, Adeline Windy, menjelaskan bahwa singing bowl pada dasarnya adalah instrumen bel yang dibalik (Inverted Bell). Sejarahnya pun beragam. Salah satunya, singing bowl biasa diberikan sebagai hadiah untuk mempelai perempuan sebab bahan metal dalam komposisi tertentu bisa meningkatkan kualitas makanan di dalamnya. Termasuk, mendeteksi kandungan racun.

Seperti halnya mineral (kristal), dan bunga, frekuensi pada elemen alam sebagai material singing bowl diyakini bisa memengaruhi manusia. Berbeda dengan manusia yang frekuensinya bisa naik turun ketika marah, sedih, atau malu, elemen alam lebih bersifat stabil sehingga diharapkan, manusia terbantu oleh elemen alam tersebut.

Mengenal Singing BowlMengenal fungsi singing bowl untuk meditasi, cleansing, serta terapi fisik. Foto: Dokumentasi Pribadi Adeline Windy

"Suara (singing bowl) mengubah gelombang otak kita dari tinggi, misalnya dari cepat dan tinggi dari gama ke beta, atau beta ke alfa, alfa ke tetha, sehingga ketika kita dalam kondisi yang tidak menentu, kacau, mau meditasi, menggunakan singing bowl akan mampu membuat gelombang otak masuk ke kondisi mental dan body relaxation. Sehingga kita bisa lebih deep (dalam) meditasinya," terang Adeline pada detikcom, Selasa (22/3/2022).

"Ada singing bowl rendah, deep, ada yang suaranya tinggi. Ini juga yang bikin kita bisa meditasi. Sifatnya yang misalnya meditasi mau meditasi cinta kasih atau mau memanifestasikan sesuatu. Ini manifestasikan di kepala, di brain (otak), suara singing bowl-singing bowl tinggi membantu kita lebih masuk," imbuhnya. Mengingat di samping itu, mangkuk yang bersuara rendah (deep) biasanya digunakan untuk Grounding Meditation.

Tak hanya membantu meditasi, fokus dan rileks, meningkatkan kesadaran, dan membantu otak dalam memanifestasikan sesuatu, singing bowl juga biasa digunakan untuk terapi fisik di bagian tubuh tertentu seperti sakit punggung, kram perut, dan lain-lain. Seperti apa cara kerjanya? Simak di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "KuTips: Do's & Don'ts Memainkan Singing Bowl Buat Healing"
[Gambas:Video 20detik]
Topik Hangat Singing Bowl

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT