ADVERTISEMENT

Selasa, 22 Mar 2022 18:30 WIB

Dikeluhkan Marc Marquez Usai Crash Mandalika, Gegar Otak Bisa Picu Diplopia

Firdaus Anwar - detikHealth
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 16: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda looks on in box during the MotoGP of Portugal - Free Practice at Autodromo Internacional Do Algarve on April 16, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez mengalami masalah mata diplopia, efek gegar otak dari kecelakaan di sirkuit Mandalika. Foto: (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Rider Repsol Honda Marc Marquez mengaku kembali mengalami masalah mata diplopia. Hal ini disebut efek dari gegar otak yang dialaminya usai kecelakaan di sirkuit Mandalika.

"Saya seperti deja vu... saat perjalanan pulang ke Spanyol, mata saya terasa tidak nyaman, dan kami memutuskan untuk menemui Dr Sanchez Dalmau yang mengatakan saya mengalami diplopia lagi," tulis Marc Marquez dikutip di akun media sosialnya, Selasa (23/3/2022).

Dikutip dari WebMD, diplopia adalah kondisi ketika mata melihat dua bayangan dari satu benda yang sama. Istilah lain untuk kondisi ini adalah penglihatan ganda. Bisa terjadi pada satu mata saja, bisa juga dua-duanya.

Marc Marquez sendiri sebelumya pernah mengalami masalah diplopia saat kecelakaan latihan dengan motor trail tahun lalu. Kondisinya itu mengakibatkan Marc Marquez harus absen dari balapan MotoGP 2021 Valencia, Spanyol.

Gegar Otak Picu Diplopia

Dikutip dari jurnal Neurology, gegar otak atau cedera otak (traumatic brain injury/TBI) memang sering berujung pada masalah fungsi penglihatan. Biasanya keluhan muncul setelah beberapa hari mengalami cedera.

Ini terjadi karena cedera bisa mengakibatkan gangguan pada otot mata, saraf, atau bagian otak yang berfungsi dalam indra penglihatan.

"TBI yang lebih parah bisa saja berakibat kerusakan struktur pada otot mata, saraf, atau otak itu sendiri," ungkap peneliti dari Cooper University Hospital.



Simak Video "KuTips: Do's & Don'ts Memainkan Singing Bowl Buat Healing"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT