Rabu, 23 Mar 2022 06:30 WIB

'Obat COVID' Alami Ini Bisa Redakan Demam hingga Batuk karena Omicron

Patrick - detikHealth
Corona virus under magnifying glass. Observation made by virologists in the laboratory with microscope.  Red heart shaped coronavirus being mutated through genome modification. 3D rendering. Obat COVID (Foto: Getty Images/iStockphoto/Stockcrafter)
Jakarta -

Obat COVID-19 untuk mengatasi gejala ringan sebenarnya mudah sekali ditemukan. Pada gejala ringan, bahkan bahan-bahan alami yang ada di rumah juga bisa digunakan. Apalagi, pasien biasanya akan diarahkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Dengan munculnya varian COVID-19 yang sangat menular, seperti Delta dan Omicron, kemungkinan untuk tertular virus corona semakin meningkat, bahkan untuk orang yang telah divaksinasi. Omicron dengan cepat menjadi varian virus corona yang paling dominan di Indonesia, namun memiliki gejala yang lebih ringan daripada varian sebelumnya.

Keberadaan vaksin tetap dapat mencegah pasien dari sakit parah akibat COVID-19. Namun, dengan gejala COVID-19 yang ringan bukan berarti lantas patut diremehkan. Pasien tetap harus melakukan karantina mandurru untuk mencegah penularan virus ke teman, keluarga, dan orang lain.

Obat COVID-19 Untuk Gejala Ringan

Semasa karantina, ada deretan obat COVID-19 herbal yang bisa jadi pilihan alternatif untuk meringankan gejala yang dirasakan. Dikutip dari University of Maryland Medical System, berikut ini adalah obat COVID-19 untuk atasi demam dan batuk.

1. Obat COVID-19 untuk atasi demam

Untuk atasi demam, obat pereda demam yang dijual bebas dapat digunakan sebagai penurun suhu tubuh atau untuk mengobati sakit kepala, sakit tenggorokan dan nyeri tubuh.

Kedua, minum air putih yang banyak. Demam biasanya menyebabkan keringat, yang berarti hilangnya air dari tubuh seseorang. Untuk itu, minum banyak cairan (sebaiknya air putih atau jus jeruk) agar tidak dehidrasi. Air putih terbukti manjur jadi obat COVID-19 pereda demam. Tidak dianjurkan untuk minum minuman berkafein.

Terakhir, istirahat yang cukup. Tubuh membutuhkan energi untuk melawan virus. Perbanyak istirahat dan biarkan tubuh melakukan tugasnya.

2. Obat COVID-19 untuk atasi batuk

Sama seperti sebelumnya, salah satu obat COVID-19 alami adalah dengan perbanyak minum air putih. Ini tidak hanya akan membuat tenggorokan menjadi lembab dan nyaman, tetapi juga membantu untuk tetap terhidrasi.

Minumlah minuman hangat, seperti teh. Ini terbukti dapat menghangatkan saluran pernapasan, sehingga tetap terhidrasi dan memecah lendir yang terdapat di tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas.

Cobalah satu sendok teh madu yang dicampur teh panas atau air panas. Sedikit madu cenderung meredakan sakit tenggorokan. Madu bisa menjadi salah satu obat COVID-19 terbaik. Namun, untuk anak di bawah 1 tahun sebaiknya tidak mengonsumsi madu.



Simak Video "Pfizer Klaim Obat Covid-19 Buatannya Turunkan Rawat Inap-Kematian"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)