Dialami Dinda Hauw, Dokter Ungkap Penyebab Keguguran

ADVERTISEMENT

Dialami Dinda Hauw, Dokter Ungkap Penyebab Keguguran

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 23 Mar 2022 15:45 WIB
Dinda Hauw dan Rey Mbayang saat ditemui kawasan Trans TV.
Dinda Hauw dan Rey Mbayang (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Kabar duka datang dari Dinda Hauw dan suaminya, Rey Mbayang. Dalam postingan Instagram, Dinda Hauw mengatakan mengalami keguguran. Ia awalnya tak menyadari tengah mengandung anak kembar. Lantaran melihat garis 2 usai melakukan testpack, Dinda Hauw dan suaminya memutuskan untuk pergi USG.

Sayangnya, dokter memberitahu bahwa salah satu janinnya tidak berkembang. Alhasil Dinda Hauw pun melakukan operasi untuk membersihkan janinnya.

"Tapi ini.. ada 2 kantung nya.. 1 ada janin nya.. dan yang 1 nya tidak berkembang alias kosong.. " tuturnya.

Penyebab Keguguran

Menurut dokter spesialis kandungan dari Morula IVF Margonda, dr Jusuf Sidharta, SpOG, keguguran bisa disebabkan oleh kelainan ovum atau spermatozoa (blighted ovum), kelainan kromosom trisomi atau monosomi, serta kelainan bentuk uterus seperti mioma uteri dan inkompetensi serviks.

"Penyebabnya, pertama kelainan hasil konsepsi oleh karena kelainan ovum atau spermatozoa yaitu blighted ovum,dan kelainan kromosom trisomi atau monosomi. Selain itu, bisa juga diakibatkan karena kelainan bentuk uterus seperti mioma uteri dan inkompetensi serviks," tuturnya saat dihubungi oleh detikcom, Rabu (23/3/2022).

Selain itu, dr Jusuf juga mengungkapkan bahwa keguguran pun bisa disebabkan oleh penyakit yang menyerang ibu hamil, seperti hipertensi, infeksi toksoplasma, sifilis, hingga malnutrisi.

"Hipertensi, diabetes melitus, infeksi seperti toksoplasma dan sifilis, kelainan imunologis inkompatibilitas rhesus dan ABO, gangguan psikologis , trauma dan malnutrisi," ucapnya.

Menurutnya, dari ketiga hal tersebut, penyebab keguguran yang paling sering dialami pasien adalah blighted ovum dan kelainan kromosom trisomi atau monosomi.

Dikutip dari Mayoclinic, blighted ovum atau hamil kosong adalah kehamilan yang tidak mengandung embrio. Kondisi ini merupakan salah satu penyebab terjadinya keguguran pada trimester pertama kehamilan.

Sedangkan kelainan kromosom trisomi adalah suatu kondisi ketika salah satu kromosom bayi memiliki tiga salinan kromosom, normalnya setiap kromosom hanya berjumlah sepasang.



Simak Video "Hailey Bieber Ungkap Idap Kista Ovarium Sebesar Buah Apel"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT