ADVERTISEMENT

Rabu, 23 Mar 2022 18:35 WIB

Viral Mobil Nekat Halangi Ambulans, Ini Pesan Tegas Nakes Wisma Atlet

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Ilustrasi ambulans. Foto: Istock
Jakarta -

Pengemudi Mercy, Dwiyanto, belakangan jadi topik pembicaraan publik setelah aksinya 'menghalangi' ambulans. Kejadian tersebut diketahui terjadi di Tol Tangerang-Merak pada Sabtu (12/3/2022).

Saat itu, pasien yang dibawa ambulans seorang ibu hamil yang akan dirujuk ke rumah sakit untuk melahirkan.

"Pada intinya saat itu dia bawa ibu hamil yang punya hipertensi tinggi, hendak melahirkan sehingga dirujuklah dari puskesmas ke rumah sakit," kata Kapolresta Tangerang Kombes Zain Dwi Nugroho saat dihubungi, Selasa (22/3/2022).

Sopir ambulans, Hildan, mengatakan kondisi ibu hamil sudah dalam bahaya dan harus ditangani segera karena mengalami kejang. Namun ketika bergegas ke RS, ia dihalangi oleh pengendara Mercy di tol.

Menanggapi kasus tersebut, Kapten (CKM) TNI Mustain, Koordinator Evakuasi Medik RSDC Wisma Atlet mengatakan pengguna jalan yang menghalangi laju ambulans dengan pasien kritis harus diberi peringatan. Hal ini karena berkaitan dengan nyawa seseorang.

"Apabila ada yang menghalangi, kita tegur dengan baik-baik. Kita beri tahu ini ada pasien, ada (keadaan) darurat. Karena ini nyawa, jadi harus secepatnya, ini darurat dan harus dirujuk ke rumah sakit yang dituju," ungkapnya kepada detikcom, Rabu (23/3/2022).

Lebih lanjut, Mustain mengingatkan, meski ada kendala di perjalanan para tenaga kesehatan (nakes) dan sopir ambulans tetap harus memprioritaskan keselamatan diri serta pasien. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang membahayakan nakes dan sopir ambulans.

"Saya tekankan apabila ada kendala di jalan, diutamakan dan diupayakan untuk mengutamakan keselamatan diri sendiri serta pasien," tambahnya.



Simak Video "Konten Negatif Kok Cenderung Mudah Viral?"
[Gambas:Video 20detik]
(any/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT