Rabu, 23 Mar 2022 19:00 WIB

Dialami Dinda Hauw, Ini 4 Ciri Keguguran Hamil Muda yang Harus Diwaspadai

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Dinda Hauw Ciri keguguran hamil muda (Foto: Instagram @dindahw)
Jakarta -

Dinda Hauw dikabarkan mengalami keguguran anak kembar. Ia pun terpaksa menjalani operasi untuk membersihkan janinnya. Lantas, seperti apa ciri keguguran hamil muda? Simak informasi berikut.

Keguguran merupakan hilangnya janin dalam kehamilan. Hal ini umumnya dapat terjadi akibat kelainan ovum atau spermatozoa (blighted ovum), kelainan kromosom trisomi atau monosomi, serta kelainan bentuk uterus seperti mioma uteri dan inkompetensi serviks yang dialami oleh ibu hamil.

"Penyebabnya, pertama kelainan hasil konsepsi oleh karena kelainan ovum atau spermatozoa yaitu blighted ovum,dan kelainan kromosom trisomi atau monosomi. Selain itu, bisa juga diakibatkan karena kelainan bentuk uterus seperti mioma uteri dan inkompetensi serviks," tutur dokter spesialis kandungan dari Morula IVF Margonda, dr Jusuf Sidharta, SpOG, saat dihubungi oleh detikcom, Rabu (23/3/2022).

dr Jusuf juga mengungkapkan bahwa keguguran pun bisa disebabkan oleh penyakit yang menyerang ibu hamil, seperti hipertensi, infeksi toksoplasma, sifilis, hingga malnutrisi.

"Hipertensi, diabetes melitus, infeksi seperti toksoplasma dan sifilis, kelainan imunologis inkompatibilitas rhesus dan ABO, gangguan psikologis , trauma dan malnutrisi," ucapnya.

Ciri Keguguran Hamil Muda

Ciri keguguran hamil muda umumnya bervariasi di setiap ibu hamil yang mengalaminya. Dikutip dari Very Well Family, Rabu (23/3/2022), berikut ciri keguguran hamil muda yang perlu diwaspadai.

1. Pendarahan

Ciri keguguran hamil muda yang pertama adalah pendarahan atau bercak darah yang muncul saat hamil. Umumnya darah yang keluar berwarna merah cerah dengan jumlah tidak sedikit. Jika hal ini terjadi, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Akan tetapi, keluarnya bercak darah tak selalu berhubungan dengan keguguran ya. Bisa jadi penyakit lain di dalam tubuh.

2. Kram dan nyeri

Ciri keguguran hamil muda dapat berupa nyeri dan kram di area panggul, perut, dan pinggul belakang. Biasanya kondisi ini muncul bersamaan dengan pendarahan.

3. Tidak ada pergerakan

Apabila merasa gerakan janin berkurang atau tak dapat dirasakan lagi, bisa jadi ini merupakan ciri keguguran hamil muda.

4. Hilang tanda kehamilan

Kehamilan umumnya disertai dengan gejala, seperti muntah dan mual. Apabila seorang ibu hamil tak merasakan hal tersebut, bisa jadi mengalami keguguran.

Ciri keguguran hamil muda ini juga sejalan dengan pernyataan dokter spesialis kandungan dari Morula IVF Margonda, dr Jusuf Sidharta, SpOG, yang mengungkapkan keguguran ditandai dengan gejala, seperti nyeri perut bagian bawah, dan perdarahan di vagina.

"Nyeri perut bagian bawah dan perdarahan di vagina dari derajat ringan sampai dengan berat. Kalau ada demam umumnya disertai infeksi, seperti toksoplasmosis, sifilis, dan gonore," ucapnya pada detikcom, Rabu (23/3/2022).

Jadi, jika ibu hamil mengalami sejumlah ciri keguguran hamil muda seperti di atas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan janin.



Simak Video "Penggunaan Ganja Medis Juga Punya Risiko, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/kna)