ADVERTISEMENT

Kamis, 24 Mar 2022 13:01 WIB

Bisa Buat Healing, Begini Lho Cara Kerja Singing Bowl Ala Pawang Hujan Mandalika

Vidya Pinandhita - detikHealth
Gegara pawang hujan MotoGP Mandalika, singing bowl mendadak viral. Apa itu? Cara kerja singing bowl untuk healing. Foto: Vidya Pinandhita/detikHealth
Topik Hangat Singing Bowl
Jakarta -

Aksi pawang hujan Rara Istiani Wulandari di sirkuit Pertamina Grand Prix of Indonesia saat mengusir hujan dengan mangkuk keemasan kini disorot dunia. Mangkuk tersebut tak lain bernama 'Singing Bowl'. Tak hanya untuk mengusir hujan, benda ini kerap diandalkan untuk 'healing'. Bagaimana kerjanya?

Menurut praktisi singing bowl dari Singing Bowl Indonesia, Ivonnete, penggunaan singing bowl memanfaatkan tiga poin yakni frekuensi dari suara, getaran (vibrasi), dan energinya. Singing bowl kerap digunakan sebagai alat healing, mengandalkan bahan dasar logam bersumber dari alam.

"Sama seperti essential oil, itu kan bahannya dari batang, daun, bunga, itu juga dari alam. Atau seperti kristal. Segala sesuatu yang berasal dari alam itu biasanya sifatnya lebih stabil. Tapi kalau si logam ini yang paling kuat dari antara lainnya," terang Ivonnete saat ditemui detikcom di kawasan Jakarta Utara, Rabu (23/3/2022).

"Jadi kalau kita sedang galau misal yang frekuensinya naik-turun. Kita kan berfrekuensi, makanya kalau kita sedang sedih atau malu, itu kan frekuensinya down banget. Kita dibantu sama singing bowl sebagai alat (tools) untuk meningkatkan frekuensi kita. Biar lebih stabil," imbuhnya.

Kok Bisa Dipakai untuk Healing?

Pada beberapa kondisi, singing bowl digunakan untuk membantu penyembuhan secara fisik. Pasalnya, sejumlah gejala pada tubuh misalnya GERD, lower back pain (sakit punggung), hingga tegang pada area pundak dan leher tak jarang dipicu oleh stres dan kondisi psikis.

"Tubuh kita kan 70 persen cairan, termasuk darah, cairan kelenjar. Jadi seperti kita tahu kalau air itu lebih cepat, pengantarnya lebih cepat daripada udara. Makanya kita memanfaatkan vibrasi dari singing bowl ini untuk diletakkan atau didekatkan di bagian tubuh tertentu sehingga tubuh kita bereaksi, merespons getaran dari singing bowl ini," jelas Ivonnete.

"Boleh (singing bowl digunakan oleh orang yang mudah cemas atau stres). Biasanya orang-orang yang datang ke kami itu orang yang biasanya dalam keadaan stres, depresi, atau ada masalah entah stresnya dari kantor, dari permasalahan di rumah. Ada yang overthinking jadi muter terus otaknya, dia nggak bisa rest akhirnya tubuhnya lelah jadi dia perlu rileks," pungkasnya.



Simak Video "Apa Saja Sih Manfaat Singing Bowl?"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/naf)
Topik Hangat Singing Bowl

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT