Kamis, 24 Mar 2022 20:45 WIB

Peneliti Temukan Pil KB Pria, Diklaim 99 Persen Efektif Cegah Kehamilan

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Pil KB Ilustrasi pil KB pria (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebuah pil kontrasepsi non hormonal untuk pria teruji 99 persen efektif mencegah kehamilan pada tikus tanpa ada efek samping. Sementara, tahap uji klinis pada manusia diharapkan bisa dilaksanakan pada akhir tahun ini.

Sejauh ini, belum ada obat atau pil kontrasepsi atau pil KB yang aman dan efektif untuk pria yang berhasil melewati uji klinis. Kebanyakan pil KB yang sebelumnya ditemukan, memberikan efek samping.

Temuan tersebut akan dipresentasikan pada pertemuan musim semi American Chemical Society oleh Abdullah Al Norman, seorang mahasiswa pascasarjana di University of Minnesota, Amerika Serikat (AS). Temuannya akan menargetkan protein yang disebut reseptor asam retinoat (RAR) alpha.

Di dalam tubuh, vitamin A akan berubah menjadi berbagai bentuk termasuk menjadi asam retinoat. Asam retinoat sendiri berperan penting dalam pertumbuhan sel, pembentukan sperma, dan perkembangan embrio.

Agar pil KB pria bisa efektif, asam retinoat perlu berinteraksi dengan RAR-alpha. Dalam percobaan laboratorium menunjukkan tikus tanpa gen yang menciptakan RAR-alpha, menjadi steril.

"Jika kita tahu seperti apa lubang kunci itu, maka kita bisa membuat kunci yang lebih baik," ujar Norman, dikutip dari Science Alert, Kamis (24/3/2022).

Norman dan rekannya, memberikan senyawa rancangan yang disebut YCT529 kepada sejumlah tikus jantan sepanjang empat pekan. Hasilnya, jumlah sperma tikus-tikus tersebut merosot dan 99 persen efektif mencegah kehamilan dalam percobaan kawin.

Kemudian pada minggu keempat sampai keenam setelah tikus berhenti menerima senyawa tersebut, mereka bisa bereproduksi secara normal tanpa efek samping.

Penelitian ini juga memantau berat badan, nafsu makan, dan aktivitas secara keseluruhan. Mereka tidak menemukan efek samping yang berbahaya, meski tikus tentu tidak dapat melaporkan efek samping seperti sakit kepala atau perubahan suasana hati.



Simak Video "IBI: Pil KB Gunanya untuk melindungi Semua Perempuan"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)