8 Cara Pencegahan COVID-19, Efektif dan Mudah Dilakukan saat Mudik

ADVERTISEMENT

8 Cara Pencegahan COVID-19, Efektif dan Mudah Dilakukan saat Mudik

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Jumat, 25 Mar 2022 11:10 WIB
Sejumlah daerah di RI kian waspada usai melonjaknya kasus COVID-19 pascalebaran. Meski begitu, masih ada warga yang nekat melakukan perjalanan ke luar kota.
Cara pencegahan COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Meskipun COVID-19 telah menunjukkan tren penurunan kasus, namun penerapan protokol kesehatan sebagai cara pencegahan COVID-19 sangat penting dilakukan. Hal ini berguna untuk menghindari penularan dan munculnya mutasi baru dari virus Corona.

Selain itu, cara pencegahan COVID-19 seperti menjaga prokes wajib diterapkan bagi masyarakat yang mudik di hari lebaran 2022. Mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengizinkan mudik bagi masyarakat yang ingin pulang kampung.

Lantas, bagaimana cara pencegahan COVID-19 yang efektif dan mudah dilakukan? Berikut caranya.

Cara Pencegahan COVID-19

Dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan RI, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus COVID-19, yaitu:

  1. Cara pencegahan COVID-19 pertama, menjaga kesehatan dan kebugaran agar stamina tubuh tetap prima dan sistem imunitas / kekebalan tubuh meningkat.
  2. Mencuci tangan dengan benar secara teratur menggunakan air dan sabun atau hand-rub berbasis alkohol. Mencuci tangan sampai bersih selain dapat membunuh virus yang mungkin ada di tangan kita, tindakan ini juga merupakan salah satu tindakan yang mudah dan murah. Sekitar 98 persen penyebaran penyakit bersumber dari tangan. Karena itu, menjaga kebersihan tangan adalah hal yang sangat penting.
  3. Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang lain. Apabila terlalu dekat dengan orang lain, seseorang dapat menghirup droplet dari orang yang mungkin terinfeksi COVID-19.
  4. Ketika batuk dan bersin, tutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan atas bagian dalam (bukan dengan telapak tangan) sebagai cara pencegahan COVID-19.
  5. Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut (segitiga wajah). Tangan menyentuh banyak hal yang dapat terkontaminasi virus. Jika kita menyentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang terkontaminasi, maka virus dapat dengan mudah masuk ke tubuh kita.
  6. Cara pencegahan COVID-19 berikutnya, gunakan masker dengan benar hingga menutupi mulut dan hidung ketika sakit atau saat sedang keluar rumah.
  7. Buang tisu dan masker yang sudah digunakan ke tempat sampah dengan benar, lalu cucilah tangan sampai bersih.
  8. Selalu pantau perkembangan penyakit COVID-19 dari sumber resmi dan akurat. Ikuti arahan dan informasi dari petugas kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat. Informasi dari sumber yang tepat dapat membantu melindungi diri dari penularan COVID-19.


Simak Video "Seputar Virus Covid-19 yang Diyakini Buatan Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT