Perdarahan Haid Kerap Hilang Timbul, Apakah Berbahaya Dok?

ADVERTISEMENT

Konsultasi Kesehatan

Perdarahan Haid Kerap Hilang Timbul, Apakah Berbahaya Dok?

Firdaus Anwar - detikHealth
Sabtu, 26 Mar 2022 11:05 WIB
ilustrasi pembalut
Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Saya biasanya haid 7 hari Dok, tapi pernah Sabtu malam haid terus Senin sampai Selasa siang enggak haid. Saya kira sudah berhenti, lalu saya berhubungan badan dengan suami.

Di awal tidak ada darah dok, setelah akhir ada darah lagi dan berlanjut sampai malam masih berdarah. Apa yang harus saya lakukan Dok? Saya sering sekali begitu Dok, setelah berhubungan darah keluar lagi. Padahal sudah seharian nggak keluar.

Apakah ini aman?

K (Wanita)

Jawaban

Untuk Ibu K,

Perdarahan haid yg hilang timbul bisa saja disebabkan anatomi atau bentuk dinding jalan lahir yang berbeda-beda pada tiap perempuan. Oleh karena itu, munculnya kembali haid setelah hubungan suami istri bisa saja hal normal.

Tetapi tidak boleh dilupakan, pemeriksaan pap smear atau thin prep wajib dilakukan, terutama bila perdarahan terjadi setiap kali hubungan suami istri. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi kelainan-kelainan pada mulut rahim/serviks, seperti misalnya kanker mulut rahim.

dr Ivander R Utama, FMAS, SpOG, MSc
Spesialis Obgyn Morula IVF Ciputat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT