Obat Diare Anak, Bantu Redakan Gejala Omicron Secara Alami

ADVERTISEMENT

Obat Diare Anak, Bantu Redakan Gejala Omicron Secara Alami

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Senin, 28 Mar 2022 06:30 WIB
Anak usia di bawah 12 tahun yang ingin berlibur Nataru, kini diwajibkan melakukan tes PCR. Hal itu tertuang dalam surat edaran terbaru terkait libur Nataru di masa pandemi COVID-19 yang akan berlaku mulai 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 atau berjalan selama 19 hari, Senin, (20/12/2021).
Obat diare anak (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Ada sejumlah obat diare anak alami yang bisa membantu meredakan gejala COVID-19 Omicron. Mengingat varian ini tidak hanya menyerang saluran pernapasan atas, tetapi juga bisa menyerang saluran pencernaan pada anak.

Hal ini diungkapkan langsung oleh dokter anak di Pusat Kesehatan Providence Saint John di California, bahwa anak bisa juga mengalami gejala diare akibat infeksi COVID-19 Omicron.

"Yang biasa kita lihat adalah demam, batuk, dan pilek-itulah Omicron," kata Daniel S Ganjian, MD, FAAP, dikutip dari Verywell Health.

"Terkadang kita juga melihat muntah dan diare." lanjutnya

Lantas, adakah obat diare anak alami untuk meredakan gejala COVID-19 Omicron sebagai pertolongan pertama? Simak informasi berikut.

Obat Diare Anak Alami

Obat umumnya tidak diperlukan untuk mengobati diare pada anak. Dalam kebanyakan kasus, diare infeksi akut akan berhenti ketika tubuh membersihkan infeksi.

Namun, Jika diare anak berlangsung lebih dari beberapa hari, tanyakan kepada dokter untuk menentukan pengobatan yang terbaik. Dokter biasanya akan menyarankan perubahan pola makan, pengobatan atau perawatan berkelanjutan lainnya bagi anak yang mengalami diare kronis.

Begitu juga tidak ada makanan, minuman, atau obat-obatan khusus yang dapat menghentikan diare pada anak. Obat diare anak yang terbaik adalah melakukan perawatan suportif, seperti:

  • Menjaga anak agar tetap terhidrasi
  • Menyediakan berbagai makanan bergizi
  • Hindari jus dan minuman manis lainnya

"Dengan diare, tubuh kehilangan garam dan elektrolit, jadi sangat penting untuk membantu anak Anda tetap terhidrasi," kata Lauren Lazar, MD, ahli gastroenterologi anak dan kesehatan anak sekaligus asisten profesor di UT Southwestern, dikutip dari Childrens.

"Hindari jus dan minuman manis lainnya." lanjutnya.

Selain menjaga anak agar tetap terhidrasi, orang tua juga bisa memberikan sejumlah obat diare anak alami berikut untuk meredakan gejala Omicron, yaitu:

  • Air
  • Kaldu atau sup
  • Elektrolit pediatrik dalam bentuk cair atau freezer pop
  • Minuman olahraga, seperti Gatorade atau Powerade (pilih varietas rendah gula)
  • Apel (bukan kulitnya)
  • Pisang
  • Barley
  • Gandum
  • kacang polong
  • Ubi jalar (bukan kulitnya)

ASI (air susu ibu) bisa menjadi pilihan yang bagus sebagai obat diare anak alami pada bayi atau anak yang masih minum ASI.

"ASI mudah diserap dan memiliki lebih banyak nutrisi daripada larutan elektrolit," kata Dr Lazar.

Namun, orang tua harus ingat bahwa bayi, terutama bayi baru lahir, sangat rentan terhadap dehidrasi dengan diare. Untuk itu, penting menjaganya agar tetap terhidrasi.

Penting! Pemberian obat diare anak alami, seperti makanan dan minuman di atas ini harus konsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memberikannya pada anak. Hal ini berguna untuk menghindari komplikasi serius lainnya yang bisa saja terjadi.



Simak Video "Polemik Oralit yang Disebut Perburuk Sakit Diare"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT