Rabu, 30 Mar 2022 12:45 WIB

Persiapan Vaksinasi COVID-19 Saat Puasa Biar Nggak Lemas

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Vaksinasi COVID-19 dosis ketiga terus diberikan kepada masyarakat. Diketahui, nyaris 12 juta warga sudah menerima vaksin booster. Persiapan vaksinasi COVID-19 saat puasa biar nggak lemes (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Hanya tinggal menghitung hari menjelang puasa Ramadan tahun 2022. Pertanyaan tentang vaksinasi COVID-19 pun muncul, seperti apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menerima vaksin dan apakah vaksinasi membatalkan puasa?

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Satgas COVID-19 dr Reisa Broto Asmoro menjelaskan hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menerima suntikan vaksinasi COVID-19 di bulan puasa. Hal pertama yang disarankan, istirahat cukup sehingga tubuh tidak lemas dan lelah sesaat setelah menerima vaksinasi.

"Makan yang bergizi dan seimbang supaya kita punya energi yang baik sepanjang hari. Kemudian cairan juga penting, minimal dua liter per hari dibagi-bagi, mulai dari buka puasa sampai sahur," pesan dr Reisa dalam siaran Radio Kesehatan, Senin (30/3/2022).

Lebih lanjut dr Reisa menyarankan untuk menerima vaksinasi di pagi hari, agar puasa tetap lancar dan tubuh tetap terjaga dengan kesehatannya.

"Pastikan juga untuk memilih tempat vaksin di pagi hari, karena waktu tersebut kita punya energi yang baik," ungkapnya.

Vaksinasi COVID-19 Batalkan Puasa?

dr Reisa menegaskan vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa. Hal itu tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 Saat Berpuasa.

"Vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa dan boleh dilakukan bagi umat muslim yang sedang berpuasa," paparnya.

Vaksinasi diperbolehkan karena dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat luas di tengah pandemi COVID-19. Vaksinasi juga merupakan sebuah ikhtiar untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadan.



Simak Video "Fenomena Vaksin Covid-19 Kedaluwarsa di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(any/up)