ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Mar 2022 07:00 WIB

Serumit Ini Hidup dengan Alopecia, Tega-teganya Jadi Bahan Bercanda

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Ahmad Ikhsan alias Ican (27), seorang pria di Bandung, hidup dengan alopecia sejak 2012. Sebagai penyintas, ia memahami kemarahan Will Smith saat kondisi istrinya, Jada Pinkett Smith, jadi bahan lawakan Chris Rock di Oscar 2022.

"Cukup kaget karena autoimun ini nggak ada obatnya istilahnya. Ini kan sel imun dan sel imun ini makan sel-sel lain di tubuh," tutur Ican kepada detikcom, mengisahkan awal mula didiagnosis alopecia.

Awalnya, Ican mendapati kepalanya pitak saat dicukur botak untuk acara kampus. Ia mulai merasa ada yang tidak beres ketika di bagian yang pitak, rambut tidak kunjung tumbuh seperti di bagian yang lain.

"Di situ aku mulai sedikit panik, sedikit takut juga. Bertanya-tanya, ini kenapa? Sampai akhirnya aku awalnya meng-cover itu dulu pakai aksesoris kepala, seperti topi, kupluk," kata Ican.

Bagi Ican, masalah utamanya bukan hanya kerontokan rambut tetapi juga tekanan psikis ketika kondisinya dibanding-bandingkan dengan kondisi autoimun lainnya yang disebut-sebut lebih berat. Padahal, pengidap autoimun pasti punya struggle masing-masing.

Pada kondisi tertentu, manifestasi autoimun pada alopecia yang dialami Ican memang mereda dan bahkan hilang. Misalnya pada 2013-2014, kerontokan yang ia alami sempat berhenti. Namun belakangan, kondisi ini muncul lagi.

"Memang sebenarnya dari segi kesembuhan total, itu mungkin nggak possible, aku juga kurang tahu. Cuman setahuku memang autoimun ini ada kondisi di mana dia remisi istilahnya, itu waktu rehatnya," jelas Ican.

Next: disuntik di kepala lebih dari 2 tahun.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT