Rabu, 30 Mar 2022 18:16 WIB

Usia Kandungan Ria Ricis Lebih Tua dari Tanggal Pernikahan, Ini Kata Dokter

Dzihni Ismah Hanifah - detikHealth
Ria Ricis Ria Ricis. (Foto: dok. Instagram/@riaricis1795)
Jakarta -

Ria Ricis merasa bingung ketika dokter menyampaikan usia kehamilannya lebih tua dua minggu dari usia pernikahannya dengan Teuku Ryan yang digelar pada 12 November 2021.

"Jalan 20 Minggu. Tapi, aku bingung kok hitungannya lebih dari tanggal nikah? Kok aneh ya?" Ria Ricis bingung, dikutip dari YouTube Oki Setiana Dewi.

Jika dihitung, seharusnya Ricis baru memasuki usia kehamilan 4 bulan, namun dokter mengatakan bahwa Ricis telah hamil 5 saat sedang pemeriksaan USG.

Mendengar kebingungan sang adik, Oki Setiana Dewi pun langsung memberikan penjelasan. Oki menyebutkan jika usia kehamilan dihitung dari HPHT atau Hari Pertama Haid Terakhir.

"Ya emang gitu sih. Ngitungnya bukan dari berhubungannya, dari HPHT," jelas Oki Setiana Dewi.

Apa Kata Dokter?

Dokter spesialis obstetri dan ginekologi Alexander Mukti, SpOG menjelaskan, hal ini sering terjadi pada banyak calon ibu yang baru saja menikah. Beberapa wanita memiliki usia kehamilan yang lebih tua diari tanggal mereka menikah.

Hal ini bukan merupakan sesuatu yang aneh, apabila pada saat menikah ia berada pada periode masa subur. Misalnya, seorang wanita yang mengalami haid terakhir pada 14 April dan memiliki siklus teratur selama 28 hari. Artinya, masa suburnya akan terjadi di tanggal 28 April. Itu menandakan usia janin nanti akan dihitung mulai dari tanggal 14 April.

Nah, saat wanita menikah di tanggal 29 April, momen itu bersamaan dengan masa suburnya yang mulai terjadi. Pada kondisi ini, kehamilan dapat langsung terjadi dan HPL dihitung dari sebelum masa subur atau HPHT seperti yang dikatakan oleh Ria Ricis.

Lantas, bagaimana cara menghitung HPHT seperti Ria Ricis?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Viral Konten TikTok Dokter soal Pasien Minta Aborsi yang Dinilai Julid"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)