Rabu, 30 Mar 2022 21:15 WIB

Tips Puasa Bagi Penderita Maag Biar Nggak Kambuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Asian beautiful women feel menstrual cramps and stomachache after menstruation.Hand holding stomach and belly after taking a medication.Problem and disorder of female body. Tips puasa bagi penderita maag (Foto: Getty Images/iStockphoto/bunditinay)
Jakarta -

Ada sejumlah tips puasa bagi penderita maag yang bisa dilakukan agar kondisi ini tak kambuh-kambuhan di bulan Ramadhan. Juga, berguna agar puasa yang dijalani tetap lancar, nyaman, dan tidak menimbulkan keluhan sakit maag.

Sebagai informasi maag merupakan penyakit yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang. Penyakit ini umumnya mengganggu saluran pencernaan bagian atas dan lambung di dalam tubuh manusia.

Penyebab maag pun bisa bermacam-macam tergantung kondisi yang dialami oleh pengidapnya, seperti asam lambung, gastritis, GERD, hingga dispepsia.

"Mag itu dari kalimat mag, mag artinya lambung 'de-maag' itu dari bahasa Belanda. Jadi suatu penyakit yang mengganggu lambung, pencernaan bagian atas," tutur dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, saat ditemui oleh detikcom, Senin (28/3/2022).

Tentunya penyakit ini tak bisa disepelekan begitu saja lantaran bisa memicu penyakit serius lainnya. Untuk itu, seseorang penting menjalankan sejumlah tips puasa, seperti pemilihan makanan yang boleh dikonsumsi dan pantangan makanan agar penyakit maag tak kambuh-kambuhan.

Tips Puasa Bagi Penderita Maag

dr Aru Ariadno, Sp.PD KGEH, dari RS Brawijaya Depok, mengungkapkan sejumlah tips puasa bagi penderita maag sebagai berikut.

1. Berbuka dengan makanan manis

Pengidap maag disarankan untuk berbuka puasa dengan makanan yang manis-manis, seperti kurma dan lainnya. Hal ini berguna untuk membantu proses pencernaan dan mengembalikan kadar gula sesudah puas.

"Berbukalah dengan yang manis, pertama. Dengan kurma ganjil dan lainnya," tutur dr Aru.

"Kurma bagus karena mengandung serat yang diperlukan untuk membantu pencernaan. Secara umum berbuka puasa dengan kurma membantu mengembalikan kadar gula sesudah puasa dan seratnya membantu pencernaan dengan baik," ucapnya.

2. Makan yang ringan

Tips puasa bagi penderita maag berikutnya adalah berbuka puasa dengan makanan yang ringan untuk menghindari perut begah dan memicu penyakit maag.

"Kemudian berbuka dengan yang ringan-ringan, jangan yang besar-besar," katanya.

Hindari juga sejumlah makanan yang bisa memicu maag, seperti:

  • Gorengan
  • Makanan terlalu berminyak
  • Makanan pedas
  • Makanan asam
  • Kopi

"Puasa itu biasanya pada waktu berpuasa bagus, orang-orang kadang tidak ada keluhan Munculnya setelah berbuka biasanya. Karena pada waktu orang itu berbuka, mulai tuh, makanan yang macam-macam keluar. Orang berbuka dengan contohnya gorengan, berminyak, pedas, asam, kopi, akibatnya mag muncul lagi saat itu," pungkasnya.

3. Minum air putih

Selain itu, dr Aru juga menyarankan agar mengkonsumsi air hangat atau air putih sebanyak dua gelas di saat berbuka puasa. Sebab, kebutuhan air harus tetap dijaga selama berpuasa agar tubuh tetap bugar dan sehat.

"Buka dulu dengan kurma, ganjil, minum air hangat," lanjutnya.

4. Bisa makan berat setelah shalat tarawih

Tips puasa bagi penderita maag berikutnya, bisa mengkonsumsi makanan berat, seperti nasi, sayur, hingga daging, apabila sudah melaksanakan ibadah shalat.

"Kemudian solat. Setelah itu, baru mulai makan besar. Makan besar juga jangan yang aneh-aneh," ucap dr Aru.

"Jadi, makan seperti biasa, nasi, usahakan banyak sayur, mau daging boleh, mau ayam boleh, intinya komposisi dari makanan itu jangan terlalu over karbohidrat," lanjutnya.



Simak Video "Amankah Pengidap Asam Lambung Jalankan Puasa?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)