Kamis, 31 Mar 2022 19:15 WIB

Kerap Dikira Flu Biasa, Kenali 4 Gejala Sinusitis yang Harus Diwaspadai

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
sinusitis Ilustrasi gejala sinusitis. Foto: iStock
Jakarta -

Ada sejumlah gejala sinusitis yang perlu diwaspadai oleh masyarakat. Pasalnya, kondisi ini bisa menyebabkan pengidapnya mengalami pilek yang sangat lama untuk penyembuhannya. Bahkan, banyak yang tak mengetahui sebenarnya pilek yang diidap merupakan bentuk dari sinusitis.

Sinusitis merupakan peradangan yang terjadi pada dinding sinus, rongga kecil yang menghubungkan saluran udara di dalam tulang hidung bagian atas.

Saat sinus membengkak, maka cairan ingus tak dapat keluar masuk melalui rongga tersebut. Hal itulah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan dan pembengkakan.

Pada dasarnya, gejala sinusitis sangat mirip dengan sakit flu biasa, sehingga banyak orang yang menyepelekannya. Padahal jika dibiarkan terus-menerus, sinusitis dapat berkembang menjadi penyakit akut yang tentunya mengganggu aktivitas sehari-hari. Lantas, seperti apa gejala sinusitis? Simak informasi berikut.

Gejala Sinusitis yang Perlu Diwaspadai

Berikut sejumlah gejala sinusitis yang telah detikcom rangkum dari berbagai sumber, Kamis (31/3/2022).

Ingus Berwarna Kuning atau Hijau

Ketika seseorang mengalami pilek, ingus atau cairan lendir umumnya akan mengalami perubahan fase menjadi berwarna hijau atau kuning.

Warna tersebut umumnya berasal dari sel darah putih yang mati lantaran berusaha melawan bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh.

Meskipun demikian, penyakit flu biasa umumnya tak akan mengalami fase ini dalam waktu yang lama, maksimal hanya seminggu. Namun, jika hidung terus mengeluarkan ingus berwarna hijau atau kuning dalam kurun waktu yang lama, bisa jadi itu gejala sinusitis.

Wajah Terasa Nyeri Terutama di Daerah T

Gejala sinusitis berikutnya, yaitu nyeri yang dirasakan di area wajah terutama di daerah T. Pengidap sinusitis umumnya akan mengalami hal tersebut lantaran terjadi pembengkakan di dalam rongga sinus.
Bahkan, di beberapa kasus, ada juga yang disertai dengan munculnya benjolan di area dahi. Apabila ditekan, akan terasa seperti ada cairan di dalamnya.

Mengalami Bau Mulut

Apabila seseorang merasa sudah menggosok gigi teratur dan menjaga kebersihan mulut, namun tetap bau, bisa jadi itu gejala sinusitis. Hal tersebut terjadi akibat kumpulan lendir yang ada di rongga sinus mengalami pembusukan dan menimbulkan aroma tidak sedap.

Mengingat saluran hidung dan mulut manusia terhubung satu sama lain, sehingga aroma pembusukan tersebut bisa keluar melalui mulut.

Adanya Cairan Kental Mengalir ke Tenggorokan

Gejala yang satu ini umumnya juga dirasakan oleh pengidap flu biasa. Namun, jika ingus yang kental tersebut jumlahnya lebih banyak dan mengalir ke tenggorokan, bisa saja itu adalah gejala sinusitis yang sudah kronis.



Simak Video "Nyeri Hebat saat Menstruasi Bisa Mandul? Ini Penjelasan Dokter!"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)