Sabtu, 02 Apr 2022 12:48 WIB

Waspadai Tanda-tanda Kolesterol Tinggi, Bisa Picu Stroke dan Jantung

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi Tanda-tanda kolesterol tinggi. (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Kenali tanda-tanda kolesterol tinggi sedini mungkin, karena bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh seseorang. Tidak jarang kondisi ini bisa berujung fatal.

Ada dua jenis kolesterol pada tubuh, yaitu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik atau High-density lipoprotein (HDL) berperan untuk mengembalikan kolesterol jahat atau Low-density lipoprotein (LDL) ke hati untuk dihancurkan.

Jika kadar kolesterol jahat terlalu tinggi atau kolesterol baik terlalu rendah, maka timbunan lemak akan menumpuk di pembuluh darah. Endapan ini mempersulit darah untuk mengalir melalui arteri yang menyebabkan masalah di seluruh tubuh, utamanya jantung dan otak.

Kolesterol tinggi biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak.

Lantas, Apa Saja Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi?

Ada tanda-tanda kolesterol tinggi yang perlu kita waspadai. Dikutip dari beberapa sumber, berikut lima tanda-tanda kolesterol tinggi.

1. Tekanan darah tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini ditandai dengan kelelahan, sulit bernapas, sakit kepala, pengelihatan kabur, dan detak jantung tidak teratur.

2. Mudah lelah dan mengantuk

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang perlu diwaspadai adalah cenderung mudah lelah atau mengantuk. Hal ini disebabkan timbulnya plak pada pembuluh darah. Plak tersebut membuat aliran darah ke jaringan tubuh terhambat, sehingga tubuh kurang mendapat asupan darah.

3. Obesitas dan diabetes

Orang yang mengidap obesitas atau diabetes beresiko memiliki tingkat kolesterol yang tinggi.

4. Sesak napas

Selain itu, tanda-tanda kolesterol tinggi adalah sesak napas dan timbul nyeri di dada. Kondisi ini perlu diwaspadai jika memiliki riwayat penyakit jantung.

5. Nyeri pada sejumlah bagian tubuh

Nyeri pada sejumlah bagian tubuh bisa jadi tanda-tanda kolesterol tinggi, karena adanya penyumbatan pada arteri yang terhubung dengan bagian tubuh. Misalnya terjadi penyumbatan di area arteri kaki, maka timbul rasa nyeri di bagian kaki.



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)