Sabtu, 02 Apr 2022 14:18 WIB

Will Smith 'Resign' dari The Academy, Psikolog Jelaskan Maksud Patah Hatinya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Will Smith, right, hits presenter Chris Rock on stage while presenting the award for best documentary feature at the Oscars on Sunday, March 27, 2022, at the Dolby Theatre in Los Angeles. (AP Photo/Chris Pizzello) Will Smith menampar Chris Rock. (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP/Chris Pizzello)
Jakarta -

Will Smith mengundurkan diri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences Hollywood. Pengumuman mengejutkan ini ia nyatakan pada Jumat (1/4).

Usai insiden dirinya menampar Chris Rock di Oscars viral, Will Smith mengakui perbuatannya salah dan tak termaafkan. Ia menggambarkan kejadian itu sebagai hal yang mengejutkan hingga menyakitkan.

"Saya mengkhianati kepercayaan dari Akademi. Saya merampas nominasi dan pemenang lain dari kesempatan mereka untuk merayakan dan dirayakan untuk pekerjaan luar biasa mereka. Saya patah hati," kata Smith dalam sebuah pernyataan.

"Jadi, saya mengundurkan diri dari keanggotaan di Academy of Motion Picture Arts and Science dan akan menerima konsekuensi lebih lanjut yang dianggap pantas oleh Dewan," katanya.

Mengapa Will Smith Patah Hati?

Psikolog klinis Nuzulia Rahma Tristinarum dari Pro Help Center mengungkap kemungkinan patah Hati Will Smith disebabkan dua hal. Termasuk rasa kekecewaan tak bisa mengontrol emosinya.

Di sisi lain, hal yang tak bisa dipungkiri adalah saat lelucon soal penyakit istrinya membuat ia ikut kecewa. Namun, di sisi lain ia mendapat kritikan terkait aksi yang ia lakukan.

"Patah hati yang dimaksud di sini lebih menunjukkan seperti rasa kecewa dan rasa bersalah. Kecewanya bisa jadi karena adanya candaan untuk istrinya yang tidak pada tempatnya, namun di sisi lain ia juga bisa saja merasa bersalah karena tidak dapat mengontrol emosinya sehingga event bersama yang harusnya berupa perayaan kebahagiaan menjadi drama," jelas Rahma saat dihubungi detikcom Sabtu (2/4/2022).

"Kejadian seperti ini dapat mengecewakan teman teman atau komunitasnya. Selain itu dukungan dan kritikan pasti banyak ia dapatkan yang membuat ia berpikir, sehingga caranya bertanggung jawab dengan semua kondisi ini adalah dengan mundur dan siap menerima konsekuensi," sambung dia.

Sementara psikolog klinis dan Co-Founder Ohana Space Veronica Adesla menilai dari setiap aksi, ada konsekuensi yang harus dihadapi diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan di luar orang terdekat.

"Langkah yang diambil oleh Will Smith untuk mundur dapat merupakan hasil dari evaluasi pemikiran, perenungan, dan pertimbangan terhadap tindakan, kejadian yang telah berlangsung dan juga situasi kondisi yang tengah berlangsung saat ini," kata Vero saat dihubungi terpisah, Jumat (2/4/2022).



Simak Video "Alasan Alopecia yang Diidap Jada Pinkett Bukanlah Lelucon"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)