ADVERTISEMENT

Rabu, 30 Mar 2022 10:20 WIB

Alopecia Bukan Hanya Soal Kerontokan, Ini Lho yang Bikin Stres Penyintasnya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jakarta -

Momen aktor Will Smith menampar komedian Chris Rock di Oscar 2022 disorot dunia. 'Jokes' Chris Rock perihal kepala botak istri Will, Jada Pinkett Smith pun menuai kritik. Sejumlah pihak menilai, kerontokan rambut sebagaimana yang dialami Jada akibat penyakit alopecia areata tak seharusnya dijadikan bahan bercanda.

"Aku nggak setuju kalau kondisi seperti itu dijadikan bahan bercanda karena jujur, nggak dijadikan bahan bercanda pun atau istilahnya disepelekan saja oleh orang-orang sekitar ketika tahu aku punya alopecia areata itu, itu sudah bikin down. Apa lagi ini dijadikan bahan becandaan. Jadi aku say no to making jokes out of this illness," ujar seorang penyintas alopecia, Ahmad Ikhsan alias Ican (27) pada detikcom, Selasa (29/3/2022).

Joke tentang alopecia dinilainya tidak tepat, mengingat alopecia adalah manifestasi autoimun yang menyerang folikel rambut sehingga menimbulkan kerontokan. Pada kondisi Ican, kerontokan tersebut terjadi di sejumlah area kepala sehingga muncul pitak.

Namun bagi Ican, bagian sulit dari alopecia bukan hanya kerontokan rambut. Melainkan, tekanan pada psikis lantaran penyakit alopecia tak jarang disepelekan oleh lingkungan sekitar. Lebih lagi, sejumlah orang kerap membandingkan kondisi Ican dengan penyintas autoimun lain dengan manifestasi berbeda.

"Aku lumayan extrovert jadi aku bisa cerita ke cukup banyak orang yang aku percayai dengan mudahnya. Aku cerita saja tentang masalah alopecia aku ini dan reaksinya itu kurang lebih mirip-mirip. Kebanyakan mereka mungkin agak empati waktu aku ceritain, tapi setelahnya sudah saja. Kayak at the end of the day, kasarnya itu cuma pitak kok, pitak doang," kata Ican.

"Most people suka ngebanding-bandingin kan, even penyakit saja suka dibandingkan. Kayak 'oh temanku ada yang lebih parah nih', dia autoimunnya bukan alopecia tapi misalnya psoriasis yang kenanya ke sel kulit terus dibandingin," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT