ADVERTISEMENT

Senin, 04 Apr 2022 18:36 WIB

Jadi Buah Khas Puasa, Ini 5 Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Timun suri jadi buah favorit saat bulan Ramadhan karena kerap dijadikan menu buka puasa. Pedagang timun suri pun mulai bermunculan jelang Ramadhan di Bogor. Foto ilustrasi: M. Solehudin
Jakarta -

Timun suri atau cucurbitaceae merupakan salah satu buah khas puasa atau identik dengan bulan Ramadan. Buah ini masih termasuk satu keluarga dengan labu kuning dan melon yang berbentuk lonjong dengan kulit berwarna kekuningan.

Selain salah satu buah khas puasa, timun suri juga dikenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Pasalnya, buah ini mengandung berbagai nutrisi, seperti asam linoleat, vitamin A, vitamin C, kalium, dan magnesium. Bahkan memiliki rasa yang sangat lezat untuk dinikmati saat berbuka puasa lho.

Tak ayal timun suri kerap dijadikan bahan es campur atau sop buah yang menjadi hidangan pembuka saat bulan puasa. Lantas, apa sih manfaatnya bagi kesehatan? Dikutip dari berbagai sumber, Senin (4/4/2022), berikut manfaat timun suri sebagai buah khas puasa.

1. Mengandung Banyak Antioksidan

Sebagai buah khas puasa, timun suri mengandung banyak antioksidan, seperti beta karoten, lignan, hingga flavonoid. Kandungan tersebut tentunya sangat diperlukan bagi tubuh.

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists, kandungan timun suri memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di dalam tubuh

2. Melancarkan Pencernaan

Dengan teksturnya yang lembut dan banyak serat, tak heran jika timun suri sangat baik untuk sistem pencernaan. Apabila seseorang mengalami kesulitan buang air besar, mengidap maag, atau sakit perut lainnya, bisa mencoba mengkonsumsi buah khas puasa ini untuk mengobatinya.

3. Baik untuk Pengidap Diabetes

Buah khas puasa ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi menaikkan gula darah secara perlahan, sehingga lonjakan gula darah bisa dihindari, terutama untuk pengidap diabetes yang menjalani puasa.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Timun suri juga mengandung senyawa saponin yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Saponin merupakan sumber antioksidan alami yang bisa menghancurkan radikal bebas dalam tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Kandungan yang kaya akan serat, timun suri alias buah khas puasa ini sangat berguna untuk menurunkan berat badan. Teksturnya yang lembut dan mudah dicerna dapat membantu memelihara kesehatan tubuh sekaligus membuat perut kenyang lebih lama.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT