Selasa, 05 Apr 2022 04:03 WIB

Bikin Kenyang Seharian, Ini 5 Asupan Makanan Sahur Sehat

Firdaus Anwar - detikHealth
Bolehkah Meneruskan Makan Sahur Saat Azan Subuh Sudah Terdengar? Foto: Getty Images/iStockphoto/DGLimages
Jakarta -

Agar kuat berpuasa seharian penuh, asupan makanan saat sahur perlu diperhatikan. Salah memilih makanan bisa membuat puasa jadi tantangan karena tubuh lemas dihantui rasa lapar.

Untuk mencegah hal tersebut kamu perlu tahu jenis makanan apa yang cocok dikonsumsi saat sahur sehingga bisa memberikan energi yang cukup untuk seharian penuh.

Dikutip detikcom dari berbagai sumber, berikut 5 asupan makanan yang bikin kenyang lama rekomendasi sahur:

1. Oatmeal

Oatmeal adalah asupan makanan yang kaya akan serat. Selain itu oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat kompleks sehingga cocok dijadikan pengganti nasi.

Dengan kandungan serat dan karbohidrat kompleksnya, oatmeal bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

2. Telur

Telur kaya akan protein, vitamin, dan nutrisi lainnya. Kandungan protein terutama bisa lebih membuat tubuh kenyang lebih lama.

Agar tak bosan, kamu bisa mengonsumsi telur dengan berbagai variasi, seperti dengan menjadikannya omelet sayur, telur orak-arik, atau merebusnya.

3. Ikan dan Ayam

Sumber protein lainnya yang juga baik dikonsumsi saat sahur adalah ikan dan ayam. Dua jenis sumber protein ini merupakan daging putih yang rendah kolesterol.

4. Buah dan Sayur

Buah dan sayur jadi sumber makanan yang kaya akan serat dan vitamin. Serat akan membantu proses pencernaan dan membantu tubuh untuk merasa kenyang.

5. Susu

Susu bisa jadi minuman yang baik dikonsumsi saat sahur daripada teh atau malah kopi. Selain membantu kebutuhan cairan tubuh, susu juga kaya akan protein yang akan membantu membuat kenyang.



Simak Video "Anjuran Porsi Sahur yang Ideal Menurut Dokter Gizi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)