Selasa, 05 Apr 2022 03:20 WIB

Viral Minum Oralit Saat Sahur Biar Nggak Cepat Lapar, Amankah?

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Close up young indian woman pouring soluble anti-influenza powder in glass of water. Sick millennial girl student feeling unwell, relieving grippe fever flu symptoms, high temperature, headache. Sahur pakai oralit, amankah? (Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes)
Jakarta -

Baru-baru ini, ramai di medsos ada yang mengaku tidak terasa seperti puasa setelah minum oralit saat sahur. Testimoni senada membanjiri kolom komentar, dari yang mengaku pernah mencobanya.

Saat menjalankan puasa, umat muslim memang disunahkan untuk tidak melewatkan sahur. Sahur merupakan bagian yang juga penting saat menjalankan puasa karena manfaatnya bagi kesehatan tubuh sepanjang hari.

Seperti yang telah banyak diketahui, mengkonsumsi makanan yang benar saat sahur dapat membuat tubuh lebih berenergi selama beraktivitas sepanjang hari. Baru ini sempat viral sebuah cuitan yang mengklaim bahwa tidak terasa seperti puasa setelah meminum oralit di saat sahur.

Apakah oralit itu dan apa benar, dapat membuat tubuh merasa "kenyang" seharian saat puasa?

"Oralit itu kan sebenernya, isinya kan air yang ditambahkan dengan garam dan gula dalam jumlah tertentu. Nah, garam dan gula itu mengandung glukosa, natrium, ada kaliumnya juga. Jadi, intinya, adalah air dengan kandungan gula dan elektrolit," jelas dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik kepada detikcom, Senin (4/4/2022).

dr Karin menjelaskan bahwa dengan adanya kandungan glukosa dan elektrolit tersebut pengosongan lambung akan lebih lama jika dibandingkan dengan minum air putih biasa. Pengosongan lambung yang cepat tersebut yang membuat seseorang jadi mudah lapar.

"Jadi, dengan adanya glukosa dan elektrolit yang sudah kita konsumsi sebelum kita berpuasa seharian, sampai sore nanti buka lagi, itu juga membantu fungsi organ-organ tubuh. Jadinya, juga, mungkin, bisa lebih seger, lebih nggak gampang capek, nggak gampang lemes," tuturnya.

Ia juga menambahkan bahwa, tidak apa-apa untuk mengkonsumsi oralit untuk sahur. Namun, dengan takaran yang tidak berlebih dan perlu dikonsumsi secara hati-hati bagi yang memiliki maag.

"Sebenernya sih, kalau asal minum cuman satu saset, dua saset, selama sahur sih, nggak masalah, kok, nggak apa-apa. Itu bisa aja, sih, kalau misalnya memang bisa," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2