Bukan Minum Oralit! Ini Tips Sahur Sehat Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

ADVERTISEMENT

Bukan Minum Oralit! Ini Tips Sahur Sehat Agar Tak Cepat Lapar Saat Puasa

Rosiana Putri Muliandari - detikHealth
Kamis, 07 Apr 2022 03:00 WIB
Close up young indian woman pouring soluble anti-influenza powder in glass of water. Sick millennial girl student feeling unwell, relieving grippe fever flu symptoms, high temperature, headache.
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Bulan Ramadan telah tiba dan umat muslim wajib melaksanakan puasa. Sahur menjadi salah satu penentu seseorang akan cepat lapar atau tidak saat menjalani ibadah puasa.

Beragam strategi dilakukan saat berpuasa agar tidak cepat merasa lapar saat berpuasa. Dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gizi yang tepat saat sahur, tubuh dengan sendirinya akan lebih berenergi untuk beraktivitas saat berpuasa.

"Kalau pas sahur itu bisa, jangan lupa konsumsi protein. Protein dan karbohidrat sih terutama," ujar dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK, spesialis gizi klinik dari Ambrosia Klinik dan Estetik kepada detikcom, Senin (4/4/2022).

dr Karin menjelaskan bahwa protein dapat membantu memperlambat datangnya rasa lapar. Selain itu, mengkonsumsi karbohidrat saat sahur juga dapat bermanfaat untuk membuat tubuh lebih berenergi sembari beraktivitas berpuasa.

Bagi yang sedang diet, dr Karin menyarankan untuk tidak melupakan karbohidrat saat sahur dan tetap mengkonsumsi satu centong atau seratus gram nasi.

"Protein tuh, misalnya bisa ayam, sapi, ikan, tahu, tempe gitu. Terus, kalau misalnya suka, bisa minum susu juga. Dan juga buah. Buah yang saya sarankan adalah pisang karena pisang itu mengandung kalium," lanjutnya.

Benarkah minum oralit bisa membantu menunda rasa lapar? Simak halaman berikut.



Simak Video "Polemik Oralit yang Disebut Perburuk Sakit Diare"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT