Kapan Waktu yang Pas Minum Kopi, Saat Sahur atau Buka Puasa?

ADVERTISEMENT

Kapan Waktu yang Pas Minum Kopi, Saat Sahur atau Buka Puasa?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 06 Apr 2022 03:29 WIB
Coffee cup and beans on old kitchen table. Top view with copyspace for your text
Foto: Getty Images/iStockphoto/karandaev
Jakarta -

Banyak dari kita memulai hari kita dengan secangkir kopi di pagi hari. Namun, di bulan Ramadan, kapan waktu yang tepat untuk meminum kopi, apakah saat sahur atau buka puasa?

Kafein merangsang sistem saraf pusat, membantu merasa lebih waspada dan membuat tidak mengantuk. Di sisi lain, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan kegelisahan, insomnia, kecemasan, detak jantung yang cepat, dan lekas marah. Jadi, kapan waktu yang tepat minum kopi saat puasa?

Dikutip dari Healthline, penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat merangsang asam lambung sehingga minum kopi saat perut kosong dapat mengiritasi perut, memperburuk gejala gangguan usus seperti sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrom (IBS).

Jika dikonsumsi saat sahur, kopi bisa membuat dehidrasi saat siang hari. Hal ini membuat seseorang cenderung menghasilkan urine lebih banyak.

Ahli gizi dari Universitas Indonesia, Beta Sindiana Dewi, mengatakan jika ingin meminum kopi, usahakan perut sudah terisi makanan. Direkomendasikan minum kopi saat berbuka puasa namun diawali dulu dengan air putih dan sedikit makanan manis.

Jangan saat beduk langsung minum kopi karena kopi punya tingkat keasaman tinggi dan berpotensi membuat asam lambung naik," ujarnya dikutip dari laman UI, Rabu (6/4/2022).

Agar aman meminum kopi selama bulan puasa, bisa memilih waktu yang tepat untuk mengonsumsinya. Jika hendak minum kopi saat berbuka, hindari meminumnya sesaat setelah azan maghrib dikumandangkan tetapi isilah perut terlebih dahulu dengan makanan yang cukup.



Simak Video "Cara Buka Puasa yang Baik Agar Perut Tak Kaget"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT