Selasa, 05 Apr 2022 15:00 WIB

Ingat! Ini Jenis Jamu Kuat dan 'Kopi Perkasa' Berbahaya Temuan BPOM

Razdkanya Ramadhanty - detikHealth
Manfaat kopi untuk gairah seksual Kopi perkasa temuan BPOM (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyita produk kopi yang mengandung bahan kimia obat (BKO) yang biasa digunakan untuk terapi disfungsi ereksi. Produk kopi tersebut kebanyakan diklaim sebagai 'produk herbal' atau 'jamu kuat'.

Beberapa merek produk yang disita BPOM seperti Kopi Jantan, Kopi Cleng, Kopi Bapak, Spider, Urat Madu, dan Jakarta Bandung.

Kepala Badan POM, Penny K Lukito mengatakan, bahan kimia obat Sildenafil Citrate menjadi salah satu komponen yang ditemui dalam produk kopi 'perkasa' yang disita BPOM. Sildenafil Citrate merupakan obat yang biasa digunakan untuk terapi disfungsi ereksi pada pria.

"Bahan kimia obat Sildenafil Citrate itu bisa dimasukkan ke kopi, biasanya untuk memberikan efek meningkatkan stamina pria. Padahal jamu itu tidak seharusnya memberikan efek cespleng atau efek instan," ungkap Penny Lukito dalam diskusi daring yang disiarkan BPOM RI, Selasa (5/4/2022).

Lebih lanjut Penny Lukito menegaskan, produk herbal yang mengandung bahan kimia obat seperti Sildenafil Citrate yang digunakan tidak sesuai aturan pakai, dapat menimbulkan risiko tinggi dan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Sildenafil Citrate dapat menimbulkan efek samping mulai dari yang ringan seperti mual, diare, dan kemerahan pada kulit. Kemudian efek berat bisa sampai menimbulkan kematian.

"Kopi yang mengandung Sildenafil itu bisa menimbulkan efek samping serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan overdosis, bisa mematikan," paparnya.



Simak Video "BPOM Setop Sementara Peredaran Cokelat Kinder"
[Gambas:Video 20detik]
(any/naf)