Rabu, 06 Apr 2022 07:33 WIB

Waspada, Nyeri Dada Seperti Ini Bisa Jadi Tanda Penyakit Jantung

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
Ilustrasi Sakit Jantung Ilustrasi nyeri dada. Foto: shutterstock
Jakarta -

Waspada, nyeri dada di sebelah kiri bisa jadi pertanda penyakit jantung. Sebenarnya, nyeri dada pernah dirasakan sebagian besar orang. Kendati demikian, ada nyeri dada yang harus diwaspadai sebagai gejala Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Biasanya, dada akan terasa sesak dan muncul rasa tertekan. Mungkin terasa seperti sedang mengangkut beban yang berat. Jika mengalami gejala seperti itu, segera periksakan diri ke dokter. Bisa jadi nyeri dada disebabkan oleh angina pectoris.

Sulit untuk membedakan nyeri dada akibat angina dari jenis nyeri lainnya, seperti gangguan pencernaan. Untuk itu, kita perlu mengenal angina pectoris, nyeri dada yang perlu diwaspadai sebagai pertanda penyakit jantung koroner.

Mengenal Angina, Nyeri Dada Pertanda Penyakit Jantung

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital Makassar, dr Bambang Budiono, nyeri dada yang jadi pertanda penyakit jantung disebut dengan angina pectoris.

Biasanya, ciri dari nyeri dada ini disebabkan oleh aktivitas fisik dan rasa nyeri akan mereda seiring dengan beristirahat. Rasa nyeri juga terasa menjalar ke rahang, bahu, atau lengan.

"Nyeri dada pada angina tidak memiliki lokasi spesifik, bisa di dada kiri atau kanan, sekitar lambung, bahkan juga bisa dirasakan di punggung sehingga tidak dapat ditentukan dengan telunjuk terkait lokasi bagian tubuh yang mengalami nyeri dada," ungkapnya.

Selain nyeri dada, penyakit jantung koroner juga menyebabkan dada terasa berat seperti ditekan benda berat atau sesak bila beraktivitas. Kondisi ini muncul pada pengidap diabetes melitus dan usia lanjut yang memiliki gangguan fungsi pada sistem saraf atau neuropati.

Cara Mencegah Penyakit Jantung Koroner di Usia Muda

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada beberapa cara untuk mencegah penyakit jantung koroner di usia muda, yaitu:

  • Jangan merokok
  • Jaga kadar gula darah, kolesterol, dan tekanan darah
  • Lakukan aktivitas gerak dan olahraga
  • Pola makan yang sehat


Simak Video "Jangan Takut Cek Jantung di Rumah Sakit"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)