Rabu, 06 Apr 2022 19:30 WIB

Anak-anak Masih Belum Bisa Booster, Bagaimana Mudiknya? Ini Kata Satgas

Firdaus Anwar - detikHealth
Pemudik arus balik padati Stasiun Pasar Senen usai larangan mudik Lebaran berakhir. Mereka yang sebelumnya mudik ke kampung halaman kini kembali ke perantauan. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Agar mudik 2022 bisa dilakukan dengan lancar warga didorong untuk segera vaksinasi booster. Namun, bagaimana untuk anak-anak yang sampai saat ini belum bisa menjalani booster?

Pemerintah diketahui hanya membebaskan syarat mudik tahun ini bagi warga yang sudah mendapat vaksin booster. Untuk yang belum booster atau melengkapi dosis vaksinnya, mudik tetap bisa dilakukan hanya saja perlu menyertakan bukti tes antigen atau PCR.

Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan bagaimana nasib keluarga yang memiliki anak-anak? Ini karena salah satu syarat untuk mendapat vaksin booster hanya sampai usia 18 tahun ke atas.

Juru bicara Satgas COVID-19 Reisa Broto Asmoro menjelaskan memang belum ada rekomendasi pemberian booster untuk anak usia 6-18 tahun. Ini artinya mereka yang ingin mudik harus ikut aturan menyertakan hasil negatif tes antigen atau PCR.

"Memang hingga saat ini belum ada rekomendasi vaksin booster bagi anak usia 6-18 tahun. Anak-anak tersebut masih harus melaksanakan tes sesuai persyaratan yang berlaku," papar dr Reisa.



Simak Video "Catat! Syarat Perjalanan Periode Ramadan-Mudik Lebaran 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)