Kamis, 07 Apr 2022 19:40 WIB

Tips Puasa Sehat Bagi Pengidap Kolesterol, Bye-bye Kolesterol Tinggi

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kebiasaan Makan yang dapat Memicu Kolesterol Tinggi Ilustrasi kolesterol (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Bagi pengidap kolesterol tinggi, pemilihan makanan tentunya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan untuk dikonsumsi saat puasa. Pasalnya, ketika berpuasa, kolesterol pun masih bisa naik lantaran mengkonsumsi makanan yang penuh lemak, seperti gorengan.

Kolesterol umumnya merupakan zat penting untuk metabolisme tubuh. Namun, jika kadarnya melebihi batas normal, kolesterol bisa menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak yang dapat menyumbat pembuluh darah. Pengidapnya pun tak hanya orang dewasa saja, anak muda juga bisa terkena kolesterol.

"Kolesterol tinggi ini penting karena banyak anak-anak muda pun sekarang banyak yang (terkena) kolesterol tinggi. Karena dia baru tahu dan baru cek. Dan memang dari lahir pun orang bisa punya keturunan kolesterol tinggi," tutur dokter spesialis jantung pembuluh darah, dr Vito Anggarino Damay dari RS Siloam, dalam IG Live, Kamis (7/4/2022).

"Kolesterol tinggi ini ujungnya apa? Penyakit jantung dan pembuluh darah, orang yang stroke, orang yang serangan jantung lebih muda daripada seharusnya," lanjutnya.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh untuk menghindari sejumlah penyakit serius.

Lantas, bagaimana tips menjalani puasa bagi pengidap kolesterol?

Menurut dr Vito, puasa merupakan momen penting untuk pengidap kolesterol lantaran bisa membuat pola hidup menjadi lebih sehat.

"Bagi orang yang punya kolesterol tinggi manfaatkanlah puasa. Karena puasa ini memang juga adalah bagian dari usaha untuk bisa punya pola hidup yang sehat," tuturnya.

Ketika berbuka puasa, pengidap kolesterol disarankan untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buah manis, seperti buah naga hingga semangka untuk memenuhi cairan dan membantu seseorang lebih kenyang.

"Ketika makan saat berbuka, tadi perbanyak sayur dan buah. Kalau kita sudah makan kurma dan minum teh hangat, kita bisa makan buah-buahan yang lain dulu nih, kan kita butuh cairan. Jadi karena itu kita bisa makan misalnya buah naga, semangka, jadi dalam manis-manis asli buah dan juga ada cairannya, itu membantu kita supaya lebih kenyang," lanjutnya.

dr Vito juga mengungkapkan apabila susah menghindari konsumsi gorengan, sebaiknya dibarengi dengan konsumsi sayur agar tubuh tidak terlalu banyak menyerap kolesterol dari makanan tersebut.

"Kalau sulit menghindari gorengan di Indonesia, jadi kalau misalnya kita makan ayam goreng atau kita makan tempe goreng misalkan, cari sayur deh. Sayurnya harus nemenin, sepanjang ada sayur sebenarnya dia tidak menyerap kolesterol sebanyak kalau kita tidak makan pakai sayur," katanya.



Simak Video "Cara Mengetahui Status Gizi, Kamu Termasuk Normal atau Obesitas?"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/fds)