ADVERTISEMENT

Jumat, 08 Apr 2022 07:31 WIB

6 Obat Sakit Perut Tradisional, Cocok Jadi Pertolongan Pertama di Rumah Saat Puasa

Patrick Trusto Jati Wibowo - detikHealth
sakit perut Ilustrasi obat sakit perut tradisional, cocok menjadi pertolongan pertama untuk sakit perut saat berpuasa. Foto: shutterstock
Jakarta -

Ada beberapa obat sakit perut alami yang bisa menjadi pertolongan pertama di rumah. Memang, sakit perut membuat tubuh terasa tak nyaman, sehingga beraktivitas juga tidak leluasa. Apalagi saat berpuasa seharian, pasti rasanya tidak enak. Lantas, apa saja obat sakit perut rumahan yang bisa digunakan?

Saat berbuka puasa merupakan momen yang dinanti-nanti. Pasalnya, ini adalah momen untuk makan dan minum setelah seharian berpuasa. Terkadang, makanan atau minuman yang dikonsumsi bisa membuat kita sakit perut. Untuk itu, penting bagi kita untuk selalu menyimpan obat sakit perut di rumah.

Perlu diketahui, bahwa penyebab sakit perut yang berbeda butuh obat dan penanganan yang berbeda juga. Misalnya, sakit perut karena diare, berbeda penanganannya dengan asam lambung.

Namun sebagai pertolongan pertama, ada beberapa bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat sakit perut yang efektif.

Obat Sakit Perut Tradisional

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut adalah enam obat sakit perut rumahan yang manjur.

1. Jahe

Sejak dulu, jahe dimanfaatkan sebagai obat sakit perut alami. Jahe mengandung bahan-bahan yang bersifat anti-radang, sehingga efektif atasi mual, kembung, dan gastroprotektif.

2. Air Putih

Biasanya, minum air putih yang cukup dapat mencegah dehidrasi. Namun, air putih juga bisa meredakan nyeri di perut akibat asam lambung.

Banyak para ahli yang menyarankan orang yang mengalami sakit perut akibat asam lambung untuk minum air putih. Air putih menjadi obat sakit perut yang bisa redakan nyeri karena asam lambung saat puasa.

3. Susu

Minum susu hangat bisa bikin perut nyaman secara instan. Hal ini karena susu bersifat tidak terlalu asam, sehingga dipercaya bisa menetralisir asam lambung.

Namun bagi pengidap intoleransi laktosa harus berhati-hati mengonsumsi susu. Pasalnya, susu dapat memperburuk masalah perut pada pengidap kondisi tersebut, sehingga penyajiannya harus diperhatikan.

4. Madu

Campuran madu dengan teh hangat dapat menjadi obat sakit perut alami. Berdasarkan riset yang dipublikasikan pada tahun 2013, madu efektif atasi sakit perut.

Madu memiliki kandungan antioksidan tinggi, senyawa anti radang, dan bisa melindungi selaput lendir.

5. Teh kamomil

Teh kamomil bisa juga bisa menjadi pilihan obat sakit perut alternatif. Selain rasanya yang enak, teh kamomil mengandung sifat anti radang, sehingga dapat membantu meredakan sakit perut kembung atau menstruasi, hingga kram perut.

6. Air kelapa

Air kelapa adalah minuman segar yang cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Apalagi, air kelapa dipercaya sebagai obat sakit perut diare yang manjur.

Air kelapa mengandung nutrisi yang baik, seperti karbohidrat, protein, serta beberapa vitamin dan mineral. Utamanya, air kelapa merupakan sumber elektrolit yang baik untuk atasi mual, muntah, atau diare.



Simak Video "BPOM Bicara Polemik Es Teh Indonesia, Sebut Regulasi Diatur Dinkes"
[Gambas:Video 20detik]
(Patrick Trusto Jati Wibowo/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Adu Perspektif
×
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama
Manuver Dewan Kolonel, Hingga Dendam Lama Selengkapnya